_

Sosialisasi MPR RI Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - SLEMAN, MPR RI menggelar sosialisasi dalam Peringatan Bulan Bung Karno dengan mengangkat tema Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi, Bangsa dan Negara oleh MY Esti Wijayati Anggota MPR RI Komisi X dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil DIY, Selasa (13/06) bertempat di Balai Desa Sidorejo, Godean, Sleman.

Dalam acara yang dihadiri oleh kader PDI Perjuangan se Kabupaten Sleman ini, Esti Wijayati menyampaikan tidak ada lagi tawar menawar bahwa Pancasila adalah Ideologi Bangsa, dan Dasar Negara Indonesia
 "Jangan sampai ada yang ingin menghilangkan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa. Apabila sampai ada pihak-pihak yang ingin mengganti Pancasila, itu harus dilawan," tegasnya.

Dia juga menjelaskan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia oleh Ir Sukarno dan peringatan bulan Bung Karno. "Karena di Bulan Juni Pancasila lahir, dan pada Bulan Juni juga merupakan Bulan lahir dan meninggalnya Bung Karno," katanya

Selanjutnya Dr Zuly Qodir Dosen Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang turut mengisi materi dalam sosialisasi tersebut mengungkapkan negara yang berlandaskan Pancasila merupakan negara atas dasar kesepakatan seluruh agama, suku bangsa yang ada di Indonesia. "Seluruh elemen agama, dan seluruh unsur suku yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Marauke," katanya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views