_

TMMD Sengkuyung ke-98 Kodim 0732/Sleman Resmi Ditutup

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - SLEMAN, Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman Letkol Arm Djoko Sudjarwo secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke-98 Tahap I Tahun Anggaran 2017 di wilayah Kabupaten Sleman. Pelaksanaan TMMD yang sudah dimulai sejak 5 Aril 2017 lalu telah menghasilkan beberapa sasaran, diantaranya pembuatan jalan, talud jalan, rehab masjid, pembuatan jembatan, dan gorong-gorong. Serta untuk sasaran non fisik berhasil dilaksanakan dengan sukses penyuluhan PPBN, Wawasan Kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas dan Narkoba, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan pertanian, dan penyuluhan mental dan rohani.

Dihadapan Bupati Sleman, Kapolres Sleman, para Danramil se-Kodim 0732/Sleman, Dandim membacakan amanat Kepala staf Angkatan darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, dikatakan bahwa Kebersamaan yang ditunjukan dalam program TMMD merupakan refleksi dari kemanunggalan yang hakiki antar segenap komponen Bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selama satu bulan lamanya para prajurit TNI, anggota Polri, Pemerintah Daerah, dan segenap komponen masyarakat telah bekerja keras dengan penuh kebersamaan, dilandasi dengan semangat kemanunggalan untuk menyelesaikan program TMMD Sengkuyung ke 98 Tahap I Tahun Anggaran 2017," katanya.

KASAD juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para pemimpin daerah, kementerian terkait,dan semua pihak komponen masyarakat yang  telah bahu membahu dan saling mendukung sehingga kegiatan TMMD ke 98 ini dapat terselenggara sesuai rencana dengan aman dan lancar. "Program TMMD yang sudah dimulai sejak Tahun 1980-an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD) setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan program tersebut tetap secara intensif terus diselenggarakan dengan lingkup kerjasama yang semakin luas. Hal ini dilakukan agar program TMMD semakin memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih tepat," katanya.

Program TMMD yang dilakukan secara nasional ini, tambah KASAD telah menyelesaikan sebanyak 357 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar diberbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia. "Selain sasaran fisik, TMMD juga menyelenggarakn program-program non fisik berupa pemberian penyuluhan kepada masyarakat," tambahnya.

Selain itu, KASAD berharap agar semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin terpelihara, serta semangat gotong royong terus dilestarikan sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini, hasil TMMD agar dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Kepada para Dansatgas TMMD KASAD meminta untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang, dan kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD setelah selesainya kegiatan tersebut segera kembali ke induk pasukan masing-masing.

CH DEWI RATIH KPS | waktoe

ch.dewiratih@gmail.com

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor
views