_

XL Perluas Jaringan 4G LTE di DIY dan Jateng

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - SLEMAN, Jelang libur panjang Lebaran tahun ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan dalam sebulan terakhir, layanan XL 4G LTE telah masuk ke sebagian besar kota/kabupaten di semua provinsi di Pulau Jawa. Kali ini XL Axiata kembali meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di semua kota/kabupaten di Jawa Tengah. Dengan demikian, kini  4G LTE sudah hadir di seluruh kota/kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Vice President XL Axiata Central Region, Rd. Sofia Purbayanti,  mengatakan, dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE di seluruh wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta Jawa Timur, diharapkan para pelanggan bisa menikmati libur Lebaran di daerah-daerah ini dengan lebih menyenangkan. “Akses data dan internet cepat bisa didapatkan di semua kota yang disinggahi selama Lebaran. Kami yakin perluasan jaringan 4G LTE ini akan bisa memenuhi pelanggan yang dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat, termasuk di wilayah operasi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, di mana wilayah ini merupakan wilayah tujuan mudik Lebaran,” ujarnya, Kamis (15/06) saat jumpa media di Jogja City Mall.

Sofia menambahkan, khusus untuk di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, XL Axiata kembali memperluas  layanan 4G LTE sekaligus di 18 kota/kabupaten baru  dan 22 kota/kabupaten yang sebelumnya sudah terjangkau 4G LTE. Dengan perluasan ini maka 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah dan 5 kota/kabupaten di DI Yogyakarta telah terlayani jaringan Data dan internet cepat 4G LTE dari XL Axiata. “Kota/kabupaten baru yang bulan ini mulai memiliki jaringan 4G LTE adalah Cilacap, Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, Temanggung, Kendal, Blora, Jepara, Demak, Kudus, Rembang, Grobogan, Pati, Sragen, dan Wonogiri,” tambahnya.

Sementara itu, lanjutnya perluasan jaringan yang sebelumnya sudah ada meliputi Brebes, Kota dan Kabupaten Tegal, Pemalang, Kota dan Kabupaten Pekalongan, Batang, Kota dan Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Boyolali, Kota Surakarta, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Kota dan Kabupaten Magelang, Sleman, Kota Yogyakarta, Kulonprogo, Bantul, dan Gunung Kidul.

“Dengan semua wilayah telah terjangkau layanan 4G LTE, maka selanjutnya perluasan jaringan di kota/kabupaten yang sebelumnya sudah tercover 4G LTE ditujukan ke area-area baru di pinggir kota dan pedesaan, serta di area yang memang membutuhkan tambahan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas layanan yang sudah ada.  Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta akan dilayani oleh sekitar 2,000 BTS 4G,” katanya.

Seperti di daerah lainnya, peningkatan trafik layanan Data juga meningkat cukup tajam di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yaitu meningkat hingga lebih dari 51% dalam setahun terakhir. Sementara itu, total pelanggan XL 4G di kedua provinsi ini mencapai sekitar 2 juta dari total pelanggan sebanyak 9 juta. XL Axiata optimis pelanggan 4G akan terus bertambah seiring dengan semakin memasyarakatnya layanan Data di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Layanan 4G LTE akan memenuhi kebutuhan pelanggan pada umumnya untuk bisa mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti konten video/film dan gambar/foto.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views