_

Abrasi Sungai Simbur Naik, Jembatan Tenggelam

Abrasi yang terjadi di Simbur Naik kecamatan Muara Sabak Timur tenggelamkan Jembatan Kayu

HNCK8306-730x487
ilustrasi abrasi sungai

JAMBI - Lagi-lagi abrasi terjadi, kali ini di Desa Simbur Naik kecamatan Muara Sabak Timur kabupaten Tanjab Timur -Jambi, dimana satu jembatan penguhung dilokasi ikut tenggelam.

Dari Vidio amatir yang diambil warga,  muncul celotehan warga dengan bahasa Bugis, mengatakan warga bersyukur karena akan dapat ganti jembatan baru  dari pemerintah.

Dari informasi beberapa sumber, jembatan kayu sepanjang 70 meter dengan lebar 3 meter  yang terletak di Rt 36 desa Simbur Naik kecamatan Muara Sabak Timur roboh  sekitar pukul 16.00 WIB (Selasa, 24/4) dan hanyut ke sungai, jembatan ini dibangun sejak tahun 1970 berkonstruksi kayu dan beberapa kali mengalami renovasi.

Kepala Desa Simbur Naik, Faisal Ghafar mengungkapkan kejadian  ini akibat curah hujan yang tinggi, dan kuatnya air pasang maka terjadi abrasi terhadap bibir sungai.

"Kita telah laporkan ke pemerintah Kabupaten,  melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman  (Perkim)", ungkapnya.

Fadli Kabid Perkim Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tanjab Timur saat dikonfirmasi membenarkan adanya abrasi di Simbur Naik, dan kita mendapatkan laporan dari kades setempat.

Lanjut Fadli, hasil analisa sementara, lokasi jembatan tidak layak karena berada ditikungan alur sungai,  dan kita sudah survey di beberapa titik yang tidak jauh dari lokasi untuk meindahkan jembatan. "Kesimpulannya, jembatan pindak di Rt 13 dusun Cendrawasi yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi jembatan awal".

Dari berbagai sumber, di infromasikan selain jembatan ada 3 rumah yang rusak akibat abrasi, 1 rumah segera direlokasi. Kejadian serupa juga pernah terjadi  di Nopember  2017, yang mengakibatkan 4 rumah hanyut terbawa arus sungai. 

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Abdulah Ihsan
views