_

Bank Jambi Berikan Layanan Mobile Bangking Bagi ASN Muaro Jambi

Sistim pembayaran non tunai terus di galakan, tidak hanya pada pembayaran gaji pegawai tetapi dalam transaksi keuangan di Pemkab Muaro Jambi

HNCK8306-730x487
happy Mawardi kepala cabang Bank Jambi Muaro Jambi

JAMBI - Masyakat Indonesia masih suka memegang uang tunai, padahal ciri negara maju mereka sudah menghindari transaksi tunai. Penggunaan transaksi non tunai terus digalakkan terhadap masyarakat agar praktis, terhindar dari masalah, higienis.

Pemda Muaro Jambi mulai melakukan gerakan pembayaran non tunai mulai dari pembayaran gaji seluruh ASN di lingkup Pemkab Muaro Jambi dengan menggunakan  dan bekerjasama dengan Bank 9 Jambi.

Dalam sambutannya, Asisten III, Bidang Administrasi Sekda Kabupaten Muaro jambi, Junaedi mengatakan, dalam sosialisasi mobil bangking bank Jambi kepada pemegang rekening tabungan dalam rangka  implementasi sistim pembayaran non tunai yang telah dicanangkan pemda sejak 2017.

Lebih lanjut, Pertama kali gerakan non tunai kita diundang ke Jakarta, dimana waktu itu ada keraguan daerah dari gerakan non tunai, sebagai narasumber dari Pemda DKI Jakarta, dimana semua transaksi sudah memakai non tunai.

Memang pelaksanaan transaksi non tunai, agak canggung dari biasa pegang uang tetapi ini hanya pegang kartu ATM.

“Dengan transaksi non tunai, tidak ada uang abu abu, dan inilah bagian dari pencegahan korupsi”, ujar Junaidi

Kata Junaedi, dengan transaksi  non tunai, Pengeluaran terkendali  dan menghindari hal hal yang tidak diinginkan, bendahara saat menyimpan uang beresiko, perampokan atau penggelapan uang.

“Untuk pembayaran gaji saja baru 80 persen yang melakukan pembayaran dengan non tunai, diharapkan akhir tahun sudah 100 persen”, ujarnya.

Mohon kepada pihak Bank Jambi, menambahkan ATM bank 9 Jambi di komplek perkantoran, pinta Junaedi.

Dari total PNS di kab. Muaro Jambi sejumlah 5000, dan baru sekitar 4000an yang menggunakan aplikasi pembayaran gaji dengan non tunai.

Berdasarkan surat edaran bupati sebetulnya ditargetkan akhir 2017 sudah menggunakan transaksi non tunai terutama untuk pembayaran gaji PNS.

Kepala Cabang Bank 9 Jambi, Happy Mawardi mengemukakan kepada kantor berita Waktoe, bahwa permintaan Pemda Muaro Jambi adanya mesin ATM di komplek, bukan kewenangan cabang.

“Soal mesin ATM di komplek Perkantoran akan kita usulkan ke pusat (Jambi)”, jelasnya.

Ditambahkan Happy, resiko menggunakan uang tunai banyak, meliputi, tidak higienis, hilang, percurian, dan lainnya.

Implementasi dari Bank Jambi adalah dengan memberikan layanan Mobil Bangking dimana didalamnya banyak fitur fitur yang bisa dimanfaatkan mulai beli pulsa, bayar listrik, token dan lainnya.

“Selama ini setiap gajian PNS mencari ATM untuk cek saldo besok sudah tidak lagi karena bisa langsung di cek di Androidnya masing masing", Pungkasnya

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views