_

Berikut Tips Dari Kapolsek Umbulharjo Simpan Kendaraan Dengan Aman

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Umbulharjo Polresta Yogyakarta Kompol Sutikno, S.Ik memberikan tips aman dan nyaman menyimpan kendaraan didalam hunian, baik perumahan ataupun Pondokan Kost-Kostan diwilayah hukum Kecamatan Umbulharjo.

Diawali dengan mengunci kendaraan dengan benar saat meninggalkan kendaraan, menurut Kompol Sutikno merupakan faktor utama dalam mengamankan kendaraan Anda. "Untuk menjaga keamanan kendaraan bukan hanya tugas dari Kepolisian saja, tapi merupakan tanggungjawab kita bersama menjaga keamanan diwilayah masing-masing," ujarnya, Selasa (10/10) saat ditemui diruang kerjanya.

Lebih lanjut dia menghimbau untuk menambah kunci pengaman pada kendaraan saat diparkir, baik dirumah ataupun di pusat perbelanjaan. "Lebih baik ditambah kunci ganda untuk mempersulit orang-orang yang memiliki niat jahat, harus diingat kejahatan itu bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tetapi karena adanya kesempatan," tambahnya.

Selama ini yang telah dilakukan pihaknya (Polsek Umbulharjo) untuk menekan angka kriminalitas terutama pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah Umbulharjo adalah dengan memberikan pengarahan kepada para pemilik pondokan kost-kostan, karena tempat tersebut dianggap sangat rawan terhadap curanmor.

"Kost-kostan itu kan banyak orang yang keluar masuk, kadang penghuni kost membawa temannya yang tidak dikenal, hal itu sangat mungkin dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindak kriminal," katanya.

Selain itu, juga dilakukan penempelan stiker peringatan agar mewaspadai tindak kejahatan di pondokan kost-kostan tersebut.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM OEMAR
views