_

BPBD Bantul Gelar Sarasehan Kesiapsiagaan

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - BANTUL, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menggelar sarasehan kesiapsiagaan bagi masyarakat dan dunia usaha, yang bertujuan memberikan informasi tentang kesiapsiagaan bencana.

 

"Acara ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengetahuan kesiapsiagaan bencana, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan apabila ada bencana. Kadang apa yang kita sampaikan itu miss makanya kami menyelenggarakan sarasehan ini," ujar Ketua Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto usai membuka sarasehan tersebut.

 

Ditambahkan Dwi, dalam penanggulangan bencana bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan semua unsur masyarakat. "Bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja tapi masing-masing masyarakat harus ikut serta dalam penanggulangan bencana," katanya.

 

Sementara Ketua Forum Komunikasi Relawan Bantul (FKRB) Waljito, SH menyambut baik pelaksanaan sarasehan kesiapsiagaan yang diselenggarakan BPBD Bantul ini. "Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh BPBD Bantul dalam menyelenggarakan sarasehan kesiapsiagaan ini, semoga apa yang diberikan oleh para pemateri dapat diterima oleh kita semua yang hadir," ungkapnya.

 

Dia juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Bantul lebih peduli dengan nasib para relawan, salahsatunya dengan memberikan pelatihan-pelatihan dalam menangani kebencanaan.

 

"Selain memberikan pelatihan, diharapkan juga Pemkab Bantul dapat memberikan fasilitas bagi relawan karena jumlah relawan di Bantul tidak sedikit terbukti dengan yang sudah bergabung didalam FKRB, dan selanjutnya kepada komunitas relawan di Bantul yang belum terdaftar didalam FKRB segeralah mendaftar, agar para relawan memiliki wadah berkoordinasi," pungkasnya.

 

CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM UMAR
views