_

Budhi Hartono; Jangan Bermain Main Dengan Proyek, Pasti Ketahuan

HNCK8306-730x487
Budhi Hartono kepala Inspektorat kab Muaro Jambi

JAMBI- Berbagai upaya untuk mempertahankan Status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh Pemda Muarojambi atas penilaian kinerjanya dari Badan Pemeriksa Keuangan terus dilakukan. Salah satu upayanya adalah pelaksanaan pekerjaan dari tingkat desa hingga pemda, dilakukan secara transparant dan memakai kaidah sesuai prosedur yang ditetapkan. Sengeti, 19/7/2018

Kepala Inspektorat kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono menyampaikan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam bekerja harus semaksimal mungkin dan begitu juga hingga ditingkat bawah pelaksanaan Anggaran Desa, yang bersumber dari ADD dan DD juga harus baik, untuk itu kita berikan pendampingan.
Kata Dedi, yang sering jadi masalah adalah Persoalan Laporan Pertanggungjawaban.  
Ini memang berkaitan dengan kemampuan sumber daya manusia, jika  sangat rendah maka jadi sulit, padahal  SPJ wajib dibuat. 
"Karena kemampuan SDM rendah dan banyaknya pekerjaan jadi rumit", jelasnya.
Lanjut Budhi, untuk peningkatan dan pembinaan butuh proses tidak seperti membalikan tangan.
Kata Budhi, Sebetulnya sudah ada kerjasama dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai audit intern (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan/BPKP) yang ada di Inspektorat yang memberikan masukan dan pertimbangan, begitu juga Aparat Penegakan Hukum (APH) dari Kejaksaan dan Kepolisian, ada kerjasama dan sama sama turun untuk bahan pertimbangan saat pembuatan laporan pertanggung jawaban.
SPJ tingkat desa sudah mengarah ke lebih baik, sudah ada aplikasi, yang  dibangun BPKP , dan kita termasuk yang pertama memakai aplikasi Sistim Keuangan Desa (SisKeuDes) yang bisa langsung dipantau melalui PMD.
Besaran ADD dan DD besarannya berbeda-beda hal ini ditentukan oleh beberapa faktor mulai dari Luas Wialyah, Geografis Desa, Populasi Kemiskinan hingga Jumlah Penduduknya.

https://youtu.be/2oqSjjoxQOU

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views