_

Bupati Masnah Busyro: Kita Akan Miliki Lapas Perempuan, Sektor Ekonomi Bisa Tumbuh Disini

Pemerintah Muaro jambi menghibahkan 7,4 Hektar lahan kepada Depkumham untuk pembangunan lapas Perempuan klas IIB

HNCK8306-730x487
Bupati Masnah Busyro dalam peletakan batu pertama pembangunan lapas perempuan klas IIB di Bukit Baling, Muaro Jambi

JAMBI – Kabupaten Muaro Jambi dalam waktu dekat ini akan memiliki Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas IIB khusus Perempuan. Proses pembangunan sedang berlangsung, peletakan batu pertama dilakukan bupati Masnah Busyro (26/9/2018) bersama Ka.Lapas, PLT Kanwil Depkumham Provinsi Jambi dan jajaran Forkopimda kabupaten Muaro Jambi.

Lahan seluas 7,4 Hektar di desa Bukit Baling kecamatan Sekernan milik Pemda Muaro Jambi dihibahkan ke Depkumham untuk pembangunan Lapas.

Dalam sambutan saat peletakan batu pertama (LP Perempuan, red) Masnah Busyro,  mengatakan dengan adanya Lapas nantinya akan terjadi efek ekonomi dimana akan tumbuh toko, warung makan dan lainnya, begitu juga dari sisi sosial, lapas perempuan yang numpang di lapas anak sudah overload.

“Sisi kemanusiaan, dengan pembangunan lapas perempuan maka para napi terlindungi, kita nanti juga akan hibahkan tanah untuk lapas dewasa jika dibutuhkan”, jelas Masnah

Dan, Kapolres nanti bisa setiap hari monitoring lapas perempuan ini,..Gerr, para audien menyambut dengan tawa.

Muaro Jambi dekat dengan kota Jambi, jadi Tempat yang dipilih ini saya tepat, pungkas Masnah.

Plt Kanwil Depkumham Provinsi Jambi Sorta L Tobing mengatakan,  Sangat berterimakasih kepada Bupati karena berikan tanah yang bagus.

“Semoga pemerintah ibu Masnah berkah dan Sejahtera”, puji Sorta.

Susana, Ka. Lapas Perempuan klas 2B mengatakan, ini Hari bersejarah bagi Lapas, dan bagi perempuan Jambi nanti akan berdiri gedung bangunan di sini berkat kemurahan bupati Masnah Busyro, tanah yang sangat luas dan ini anugrah bagi kami.

Tambah Susana, Kita tidak mencari cari tetapi kami mendapatkan hibah tanah untuk LP Jambi dan  menjadi Muaro Jambi, Jambinya masih ada.

 Diceritakan bahwa dari proses yang panjang dan ini pengalaman pertama menghadapi proyek pembagunan dan saat ini peletakan batu pertama pembangunan, dan masyarakat dapat mendampingi kami untuk melakukan pengawasan agar lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Susana, Lapas ini lapas perempuan pertama kali di Jambi  dan menjadi primadona dan semoga banyak pengunjung disini.

Dan, berharap tahun depan sudah penuh, baik pasar gedung toko, maupun gerakan ekonomi lainnya.

Jika sudah dihuni bapak ibu sudah mengenal, anggota kami yang  nyasar dan tanya polres juga tidak tahu, memang ada ya, cerita Susana karena saat berangkat ke lokasi banyak yang nyasar.

Hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan lapas perempuan klas IIB di bukit baling Unsur forkompinda kabupaten Muaro Jambi, plt Kanwil depkumham Jambi, Ka Lapas perempuan Jambi, dan OPD yang terkait.

 

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views