_

Curanmor Di Bukit Cinto Kenang Dibekuk Jajaran Polres Muaro Jambi

Komplek perkantoran bupati Muaro Jambi di bukit Cinto Kenang pun tak luput dari sasaran kejahatan, Jajaran Polres Muaro Jambi berhasil membekuk Pelaku Curanmor, Dua pelaku lainnya masih buron

HNCK8306-730x487
Kapolres AKBP Dedi K Siregar berikan motor kepada pemilik

JAMBI - Jajaran Polres Muaro Jambi berhasil membekuk Pencurian Sepeda Motor yang terjadi di Komplek Perkantoran  Pemkab Muaro Jambi di Bukit Cinto Kenang,  kejadian tersebut tepatnya di depan  Kantor PKK.  Sengeti, 04/04/2018

Dua tahun yang lalu peristiwa itu terjadi tepatnya 11 Maret 2016, Yuda Purnando bocah 14 tahun itu jalan-jalan di komplek perkantoran bupati Muaro Jambi, dengan mengendarai sepeda motor, sesampainya dilokasi tersebut terjadi keributan antara Repal (teman korban) dengan orang yang tak dikenal,  karena ketakutan korban melarikan diri dan bersembunyi, namun naas motor beserta kuncinya ditinggalkan begitu saja.

Melihat motor korban oleh temannya dipinggirkan dan dikunci, kemudian Repal  menuju rumah Yudha yang berada di Jl. Lintas Timur KM 28  memberitahukan orangtua Yuda dan menyerahkan Kunci sepeda motor.

Saat  Orangtua Yuda Purnando ingin mengambil sepeda motor di komplek perkantoran Bupati Muaro Jambi, sepeda miliknya sudah tidak ada dilokasi.

Seperti yang disampaikan Kapolres Muaro Jambi AKBP Dedi K Siregar, dalam konfrensi persnya,   Pelaku Pencurian sepeda motor yang terjadi di komplek perkantoran bupati Muaro Jambi  saat itu dilakukan oleh tiga (3) orang antara lain RA (25) yang sudah tertangkap  bersama FR (DPO) dan FH (DPO).

Ketika itu bertiga menaiki sepeda motor milik FR menuju ke tempat kejadian  perkara dan mengambil sepeda motor milik Yuda yang terpakir dilokasi.

Kata Dedi, “selang lima bulan  (31/08/2017) setelah kejadian, mendapat informasi dari jajaran Reskrim Polresta jambi  yang mengamankan seseorang  bernama (DS) dengan sepeda motor  yang diduga dari hasil kejahatan, setelah dicek tim Opsnal  ternyata ciri-ciri sepeda motor sama dengan milik Yuda Purnando yang hilang”.

Dari keterangan (DS)  akhirnya diketahui pelaku curanmor  dilakukan tiga orang (RA, FR,FH), akhirnya tim Opsnal bergerak dan mengamankan pelaku RA (25) di Gang Ruso kecamatan Jambi Timur kota Jambi (29/3/2018) dan pelaku ditahan di Mapolres Muaro Jambi.  

RA selanjutnya dinyatakan tersangka dan dikenakan pasal 363 ayat 1 ke 4 dan 5 KUHP, Barang siapa mengambil barang sesuatu,  yang seluruhnya atau sebagian  kepunyaan orang lain, dengan  maksud untuk dimiliki secara melawan hukum,  yang dilakukan oleh  dua orang atau  lebih yang dilakukan dengan merusak , memotong,  atau  memakai anak kunci  palsu dengan ancaman  hukuman penjara  maksimal  9 tahun.

Lanjut Dedi, sementara bagi penadah atas nama ( DS) dikenakan pasal 480 ke 1 huruf e KUHP, menerima hadiah atau keuntungan, menjual, menyewakan, menukarkan,  menggadaikan, menyimpan, dan menyembunyikan  sesuatu barang/ benda  diketahui atau sepatutnya harus diduga  bahwa diperoleh  dari kejahatan”. Dan dikenakan ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara.

Kapolres AKBP Dedi K Siregar dalam kesempatan yang sama menyerahkan sepeda motor kepada pemiliknya Yuda Purnando, dan berpesan karena belum cukup umur untuk mendapatkan SIM tidak mengendarai sepeda motornya,  lebih baik fokus untuk belajar.

Yuda pun mengucapkan terimakasih atas kinerja jajaran Polres Muaro Jambi yang telah menemukan sepeda motornya dan merasa senang.     

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views