_

Dedy K Siregar; Kita  Mampu Wujudkan Akreditasi Nilai A, Dalam Pembangunan Zona Integritas

Pelayanan prima itu sudah diawali dengan adanya Samsat, Keterpaduan dan kemitraan antara Kepolisian dengan Pemerintahan. soal inovasi yang sekarang ini membedakan

HNCK8306-730x487
Kapolres Muaro Jambi AKBP Dedy K Siregar, SIK MSi didampingi Bupati Masnah Busyro saat membuka Tirai pencanangan Zona Integritas di Mapolres. foto/ teks: Ihsan Abdulah Nusantara

MUARO JAMBI – Bertepatan dengan  peresmian Mapolres Muaro Jambi saat itu 13/2/2004, Polres Muaro Jambi laksanakan penetapan pencanangan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani, Selasa 13/2/2017.

Dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Mulai dari  Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro,beserta jajaran OPD, kepala Kajari, ketua PN Sengeti, Ketua Pengadilan Agama, dan seluruh Kapolsek se Muaro Jambi.

Kabag Perencanaan dan Anggaran Kompol Tumiran, mengatakan pencanangan pembangunan integritas.bermaksud agar betul –betul bebas korupsi dan birokrasi melayani. Jika hal ini tercapai maka ada reword berupa tunjangan kinerja remunirasi berbeda, 

Polda Jambi menilai tahun sebelumnya Polres Muaro Jambi  mencapai nilai baik namun dengan catatan. Sehingga sekarang 2018 bertekad untuk  membangun zona integritas, bersih melayani, tekad  untuk .merubah image masyarakat, karena tugas kita melayani.

Kata Tumiran, “Pameo,  dulu lapor polisi hilang kambing jadi hilang kerbau”. Maka dibawah kepemimpinan AKBP Dedy K Siregar Sik Msi, kita  wujudkan pencanangan ini.

Ditegaskan Kapolres Muaro Jambi AKBP Dedy K Siregar dalam kesempatan yang sama, Pembangunan organisasi Kepolisian ada grand strategi mulai 2005, adalah  trush building  yaitu membangun kepercayaan, 2010 kita tetapkan strategi patnertship building membangun kemitraan, sedangkan  mulai 2015 menuju ke pelayanan prima. Dan, ini tahun ketiga, maka membangun kawasan berintegritas, jujur dan berwibawa.

Lanjut Dedy, dibangunnya  zona integritas,  telah berlangsung 3 tahun ada 9 polres, seperti Polres Sidoarjo dan Jember, mereka telah tercapai dengan nilai baik tentunya remunirasinya juga  berbeda.

“Jika Hasil akreditasi mendapatkan nilai A maka, tunjangan remunerasi untuk jajaran polres Muaro Jambi akan berbeda dengan polres lain”.

Ditambahkan, menuju kawasan bebas korupsi kita akan membangun dari dalam/ internal dan setelahnya baru bisa menuju pelayanan publik yang berkualitas. Di  tahun 2016, Ambusmen kita mendapatkan nilai 100,7 dalam pelayanan SIM dan SKCK, dan, hanya ada 20 Polres yg mendapatkan nilai di atas 100 secara nasional.

“Keberhasilan tentunya harus juga ada pengawasan dari masyarakat.” Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PN Sengeti yang didaulat untuk memberikan sambutan karena atas prestasi Pengadilan Negeri yang telah lebih dulu mendapatkan Akreditasi dengan nilai A dalam rangka peningkatan pelayanan publik,  menyampaikan, terus akan mendukung karena dengan pelayanan prima seperti SPDP online, Tilang Online baik dengan PN maupun Kejaksaan maka itu juga cukup membantu Pengadilan juga.

“Membentuk pelayanan satu pintu didepan, maka dibutuhkan kemampuan SDM dan sarana dan Prasarana  yang mendukung,” Ungkapnya.

Bupati Masnah Busyro juga menyampaikan dukungannya, “Dulu waktu kecil saya kalau lihat polisi takut”, seloroh Masnah yang disambut gelak tawa hadirin.

Namun, sekarang ini melihat pelayanan polisi baik secara langsung maupun di beberapa medsos polisi luar biasa, ujarnya.

Kata Masnah, Polisi sahabat masyarakat, semoga akreditasi A tercapai dan tunjangan didapatkan. Dalam kesempatan tersebut Masnah juga mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya satu personil Polisi yang tertembak saat melakukan tugas di Pematang Gajah dalam pengejaran kasus pencurian kendaraan bermotor.

Kegiatan pencanangan Zona Integritas di mapolres Muaro Jambi secara simbolis dilakukan pembukaan tirai baliho pencanangan oleh Kapolres AKBP Dedy K Siregar SIK, Msi didampingi Bupati Masnah Busyro dan Forkopinda yang lain serta seluruh Jajaran dan OPD yang hadir dalam acara tersebut.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan abdulah nusantara
views