_

Demi Keamanan Perayaan Waisak, Candi Muara Jambi Dijaga Ketat

POlres Muara Jambi bersama tim gabungan keamanan menjaga ketat Candi Muara Jambi tempat berlangsungnya Ritus Tri Suci Waisak se Sumatera, meskipun kondisi lokasi hujan dan Gelap

HNCK8306-730x487
pasukan tersebar dipos-pos untuk menjaga jalannya Tri Suci waisak di candi MuaraJambi

JAMBI - Pelaksanaan waisak 2562 BE/2018 se Sumatera yang dipusatkan di Candi MuaroJambi kabupaten Muaro Jambi provinsi Jambi di jaga ketat, hal ini untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Sengeti, 30/5/2018.
Sebelum acara di mulai nampak hujan menguyur komplek candi Muara Jambi yang dipakai untuk acara Ritus perayaan Tri Suci Waisak, begitu juga saat malam hari penerangan lampu yang ada dilokasi candi banyak yang tidak menyala, jalan jalan sangat gelap.
Kapolres Muaro Jambi AKBP Margiono saat dimintai keterangan pola pengamanan menjelaskan, melihat kondisi komplek wisata candi Muara Jambi yang gelap sangat menyayangkan pihak pengelola candi yang kurang mengantisipasi.
"soal Kemanan, kita lakukan pemeriksaan akses pintu masuk dan dua jalan setapak, mobil dan barang bawaan kita periksa  dengan metal detektor".
Margiono menambahkan, Jumlah personil masih tetap dan standby hingga upacara waisak selesai, personil berada pada posisi masing masing, kegiatan rencananya dilaksanakan dua hari namun  berdasarkan koordinasi akhirnya dilaksanakan satu hari, setelah selesai kita akan apelkan personil, pungkasnya.
Sebanyak  455 personil gabungan, seperti yang disampaikan Kabag Ops Polres Muaro Jambi Kompol Sofirin, pasukan pengamanan terdiri satu pleton TNI, Satu pleton Den Gegana, dua pleton Pasukan Brimob, dua pleton Sabara Polda Jambi,  satu pleton pam opit, satu kompi polres Muaro Jambi serta pengamanan internal dan pam swakarsa masyarakat dan dari pondok pesantren Riyadhul Amin, basarnas dan satpol PP juga dilibatkan.
"Cara bertindak  dengan melaksanakan pengaman acara waisak se Sumatera difokuskan pada obyek kegiatan ibadah, parkir, para pengunjung dan umat budha dan pengamanan bikkhu dari negara tetangga".
Lanjut Sofirin, rangakaian pengamanan dari awal hingg akhir, dalam kondisi hujan seperti ini  kita sudah antisipasi dengan posko-posko  dibawah perwira pengedali yang bertanggungjawab. Kegiatan pengamanan sebagi wujud dukungan TNI dan polri atas pelaksanaan waisak se Sumatera yang dipusatkan di Muaro Jambi, dengan sinergitas semua pihak meskipun dalam kondisi berpuasa.
Sementara itu koordinator lapangan salah satu pengamanan Pam Swakarsa dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Ahmadi menyampaikan, bahwa Banser tidak pernah ketinggalan ikut dalam pengamanan lintas agama, hal ini menunjukan implementasi kerukunan umat beragama demi keutuhan NKRI. memberi rasa aman diwilayah Muaro Jambi dan ini sebagai bukti bahwa isu-isu yang beredar diluar begitu, namun kita tidak terkontaminasi, dan kita tetap menjaga kebhinnekaan dan kerukunan.
Hasil pantauan kantor berita waktoe dilokasi perayaan Waisak, umat budha pun menyediakan dan melayani  serta memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi umat islam yang berada dilokasi perayaan. 

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Abdulah Ihsan
views