_

Desa Donokerto Launching Kampung Aneka Kripik

HNCK8306-730x487
Ketua TP PKK Kabupaten Sleman saat menyerahkan potongan tumpeng launching kampung aneka kripik kepada Kepala Desa Donokerto

Waktoe.com-SLEMAN, Pemerintah Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman melaunching “Kampung Aneka Kripik” dengan memberdayakan kaum perempuan didesa setempat. Kepala Desa Donokerto R Waluyo Jati mengungkapkan launching yang dilaksanakan ini merupakan salah satu pemberdayaan pihak Pemerintah Desa Donokerto kepada warga yang kesehariannya membuat aneka kripik. Dengan di launchingnya Desa Donokerto sebagai Kampung Kripik diharapkan dapat memajukan perekonomian warga setempat.

"Dalam satu tahun pemberdayaan ini berjalan, baru terbentuk 2 kelompok usaha yang tersebar di dua Padukuhan, dari 16 Padukuhan yang ada di Desa Donokerto yaitu di Padukuhan Gabugan dan Gading Kulon. Kepala Desa juga berharap nantinya usaha kripik ini akan menular kepada Padukuhan lainnya di Desa Donokerto. Dari sekian banyak aneka kripik yang diolah, sementara ini hanya baru olehan kripik singkong dan kentang yang di produksi oleh warga setempat, kedepannya akan dikembangkan dengan berbagai anekla kripik," ujarnya, Jumat (16/03) disela-sela acara launching.

Ketua TP PKK Kabupaten Sleman yang juga Istri Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo yang hadir dalam kesempatan ini, sekaligus melaunching Kampung Aneka Kripik ini sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa Donokerto dengan melakukan pemberdayaan kepada warganya. "Sehingga dari tadinya Ibu-Ibu yang hanya sibuk dirumah dengan urusan rumahnya kini dapat membantu suami dalam mencari penghasilan tambahan, dan nantinya mungkin tidak hanya sebagai penghasilan tambahan saja, kalau bisa dijadikan pekerjaan pokok," ungkapnya.

Kustini yang juga menjabat Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman berharap Desa Donokerto yang telah ditetapkan sebagai Kampung Aneka Kripik ini dapat diajdikan contoh bagi wilayah lain. "Jadi bila ada tamu atau wisatawan yang datang ke Kabupaten Sleman apabila ingin mencari oleh-oleh kripik bias datang ke Kampung Aneka Kripik di Desa Donokerto, Turi, Sleman," tambahnya.

Kabid Perindustrian Disperindag Kabupaten Sleman Slamet Riyadi yang juga turut hadir pada kesempatan itu sangat mendukung apa yang yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Donokerto dengan memberdayakan warganya melalui pembuatan aneka kripik. "Dinas akan selalu mendampingi setiap unit usaha yang ada di Kabupaten Sleman melalui Bimbingan Teknis, Permodalan, dan Pemasaran produk," jelasnya.

Sekretaris Camat (Sekcam) Turi Suwadi, berharap apa yang telah dilakukan oleh dua padukuhan di Desa Donokerto ini dapat diteruskan kepada padukuhan yang lain yang ada di Desa tersebut. "Dengan launching ini pemasaran mudah-mudahan lebih lancar," katanya.

Penulis IBRAHIM UMAR

Editor IBRAHIM UMAR
views