_

Dinas Kebudayaan DIY Menggelar Wayang Kulit di Kecamatan Mergangsan

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Dinas Kebudayaan DIY menggelar Wayang Kulit dengan lakon Gatotkoco Winisudo oleh Dalang KRT Probo Prayitno yang merupakan Ketua Pepadi Kota Yogyakarta, dan pagelaran potensi kesenian Kelurahan Brontokusuman, Jumat (06/04) malam bertempat di Pendopo Kecamatan Mergangsan,  Yogyakarta. 

Kepala Seksi Seni Tradisi Kerakyatan Dinas Kebudayaan DIY,  Drs Danang Sujarwa yang hadir pada acara itu mengatakan wayang adalah seni yang istimewa, karena ada multiseni didalamnya. "Ada tata sungging, tembang, dan musik," katanya. 

Menurut Danang, sumber kebudayaan di Yogyakarta ada tiga, yang pertama pada Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, dan masyarakat. 

Camat Mergangsan Dra Tyasning Handayani Shanti pada kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kebudayaan DIY yang telah memfasilitasi acara malam ini. "Fasilitas dan kegiatan seperti ini harus terus didorong dan didukung," ucapnya. 

Terlebih, lanjut Tyasning Yogyakarta sebagai kota wisata dan budaya dapat mempersembahkan sajian seni dan budayanya dengan baik. "Apalagi di Mergangsan ini banyak wisatawan yang sering datang, jadi bisa kita suguhkan kepada para wisatawan itu," tambahnya.

Penulis IBRAHIM UMAR | oemarfm@gmail.com

Editor IBRAHIM UMAR
views