_

Dinsos DKI dan KOICA Membuka Pabrik Furniture

HNCK8306-730x487

 

WAKTOE.COM | JAKARTA - Dinas Sosial DKI Jakarta melalui Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 membuka Pabrik Furniture atau mebel di Pondok Kopi, Jakarta Timur pada Selasa (28/8). Pabrik itu hasil kerja sama dengan ADRF Dream Center yang didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Kepala Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1, A. Dumyani menyampaikan, pabrik furniture ini sebagai tindak lanjut dari pelatihan furniture untuk remaja bermasalah sosial yang menjadi binaan panti. Sehingga mereka yang telah dilatih di panti selama satu tahun, dapat mengembangkan lebih dalam lagi di pabrik ini dan menghasilkan furniture berkualitas.

"Pabrik furniture dibangun untuk merekrut siswa dari PSBR Taruna Jaya 1 jurusan furniture. Sejauh ini 3 alumni yang telah direkrut dan sudah bekerja. Mereka telah mendapatkan pelatihan selama 1 tahun di panti yang dibimbing langsung oleh Instruktur profesional dari Korea. Siswa yang menunjukkan evaluasi yang baik akan dipekerjakan tahun ini. Pabrik akan meningkatkan pekerjaan mereka lebih banyak nanti," ungkap Dumyani.

Ia melanjutkan, dengan adanya pabrik furniture ini, anak-anak binaan mendapat kesempatan yang cukup besar untuk bisa bekerja memproduksi furniture dengan kualitas yang baik. Harapannya ini akan menjadi langkah besar dalam upaya kemandirian bagi anak-anak remaja bermasalah di DKI Jakarta.

Sementara itu Direktur KOICA Indonesia, Hoejin Jeong, menyampaikan pabrik ini menjadi percontohan kerja sama yang baik antara ADRF Dream Center dan PSBR Taruna jaya 1. Ini menjadi awal untuk kerja sama selanjutnya di bidang lain yang diperuntukkan untuk pemuda Indonesia.

"Saya berharap akan ada banyak kerjasama seperti ini di Indonesia," kata Hoejin Jeong.

Dalam pembukaan pabrik itu juga dihadiri oleh 50 siswa kelas furniture PSBR Taruna Jaya 1, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial DKI Jakarta Susy Dwi Harini dan Direktur Proyek ADRF Dream Center Mr. Young Jun Park.

Penulis Miftah

Editor Ersad
views