_

Geragai Dapat Excavator, Solusi Garap Tanah Mangkrak

Bantuan 1 Unit Excavator, alat berat yang dapat digunakan secara bergilir bagi desa-desa se kecamatan Gergagai. Excavator bantuan dari Propinsi Jambi Ta 2017 dalam pelaksanaan Jambi Tuntas

HNCK8306-730x487
Didampingi Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto, Gubernur Jambi Zumi Zola Mencoba menjalankan Excavator di depan kantor kecamatan Geragai

JAMBI – Gubernur Jambi. Zumi Zola berikan bantuan alat berat berupa excavator  dikecamatan Geragai kabupaten Tanjung Jabung  Timur tahun anggaran 2017,  untuk mewujudkan Jambi Tuntas. Tanjabtim, 27/02/2018.

Excavator type PC 160 Lc seharga 1,5 Milyard  diserahterimakan  langsung oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola didampingi bupati Tanjabtim kepada Camat Geragai, Suwandi dihadapan Kepala Desa dan Lurah se Geragai dan warga masyarakat di halaman kantor kecamatan Geragai.

Kepala BPKAD Propinsi Jambi, Agus Pirngadi  melaporkan, sumber pembiayaan  bantuan keuangan  alat berat ini dari APBD propinsi Jambi tahun 2017,  besarannya  Lima (5) Milyard untuk pengadaan Dua (2) alat berat di dua kecamatan  Geragai dan Sabak Timur kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Kecamatan Geragai Juga mendapatkan bantuan keuangan sebesar 540 juta rupiah,  dengan mekanisme tranfer langsung ke desa dan kelurahan, dan menjadi bagian dari kegiatan APBDes dan kegiatan kecamatan”.

 Agus mengatakan, Kegiatan bantuan alat berat menjadi kegiatan teknis,  di  Dinas Pekerjaan Umum,  tukasnya.

Bupati Tanjabtim, Romi Haryanto, mengatakan, “Ini kampung halaman Gubernur Zumi Zola, Jadi jangan hanya alat tetapi juga bantuan keuangan bisa diberikan”.

“ya, kan bapak, ibu..? disambut dengan tepuk tangan para tamu yang hadir saat itu”.

Lanjut Romi, Program Strategis ini sempat terhambat karena sesuatu hal,  dan warga tidak asing lagi dengan alat berat, akrena banyak lahan tidak produktif bisa produktif dengan bantuan alat berat.

“Saya juga memberikan bantuan sepeda motor masingmasing lima Unit untuk TNI dan Polri, sebagai sarana mobilisasi Babin Kantibmas” pungkasnya.

Gubernur Jambi Zumi Zola, dalam sambutannya, mengatakan bahwa tidak semua kecamatan mendapatkan alat berat berupa Excavator namun disesuaikan dengan aspirasi warga masyarakat,  sesuai dengan kebutuhan yang disampaikan melalui camat.

“Excavator bisa diatur penggunaanya, warga melalui kades atau lurah nanti disampaikan ke Camat untuk pemanfaatannya keliling desa-desa”

Pesan Zola, Jaga dan rawat baik baik  serta manfaatkan maksimal alat berat ini.

Dalam kesempatan tersebut Zola, juga meminta beberapa Kades untuk menyampaikan penggunaan anggaran bantuan keuangan dari propinsi sebesar 60 juta rupiah  dimana sesuai aturanya 40juta untuk sarana dan prasarana dan 20 juta rupiah untuk penguatan kelembagaan.

“Ayo Kades  Zaman Now, Amshori, coba sampaikan penggunaan Bankeu nya, dengan sigap kepala desa yang  memakai kacamata hitam ini menyampaikan, Desa Kami  40 Juta untuk pembangunan gedung pertemuan dan 20 juta untuk honor guru ngaji”.

Tambah Zola, Bantuan Keuangan dari propinsi untuk desa dan keluarahan jangan sampai penggunaannya tumpang tindih dengan ADD atau DD, jadi mohon Camat untuk monitoring. Pungkasnya.

Beberapa warga yang hadir yang tidak mau disebut namanya mengatakan, Excavator ini kategori tapak kecil, jadi kalau dipakai dilahan gambut agak susah, masih perlu bantalan kayu yang lebar agar tidak amblas.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Zola dan Bupati Tanjabtim Romi Haryanto juga menyematkan rompi kepada  dua (2) orang pelopor pajak di kecamatan Geragai sebagai bagian dari kampanye kesadaran membayar pajak.

lihat Vidio berikut:

<iframe width="730" height="410" src="https://www.youtube.com/embed/HeY9yGIJmDc" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>

 

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views