_

GSL Masnah Busro Berjalan Efektif Bulan Mei

Guyuran hujan dan genangan air mengakibatkan jalan cepat rusak, apalagi kualitas pembangunan jalan yang tidak baik, aliran air yang tidak tertata akan memperburuk kondisi jalan, program Bupati Muaro Jambi Masnah Busro tentang GSL sebagai alternativ

HNCK8306-730x487
jalan rusak - ilustrasi

JAMBI - Program yang diluncurkan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro tentang GSL (Gerakan Sapu Lubang) merupakan program baru, mencermati program ini cukup menarik, disisi lain banyak jalan-jalan poros kabupaten yang kondisinya cukup memprihatinkan, terjadinya lubang disana sini yang banyak menyebabkan kecelakaan  dan menghambat laju lalulintas. Sengeti, Selasa 03/04/2018.

Sepertiyang disampaikan Bastari, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat kabupaten Muaro Jambi kepada wartawan waktoe, Ini program baru Bupati Masnah Busro, agar lubang jalan itu tidak semakin melebar dan merusah jalan,  jadi Gerakan Sapu Lubang  berada di tupoksi saya,  maka selaku pelaksana saya cukup care, terbuka.

Sementara ini kami masih melakukan identifikasi, dan persiapan, kami juga membutuhkan masukan dari tingkat desa dan kecamatan,  untuk melaporkan kondisi jalan yang rusak, terutama jalan poros kabupaten. Nanti dibulan Mei kita akan lakukan pelelangan material, sedangkan pengerjaannya kita akan lakukan sendiri dengan alat yang sudah kita miliki.  

Saat disinggung sejauh mana proses identifikasi, Bastari menjelaskan,  memang dari masyarakat belum ada masukan, seperti laporan dari Sungai Gelam tentang kondisi jalan yang rusak namun ternyata jalan tersebut dibawah kewenangan Provinsi jadi kita tidak berani berbuat.

Dengan panjang jalan kabupaten Muaro jambi sekitar 1200 KM dari 11 kecamatan, maka jika kita mendapatkan laporan dari masyarakat identifikasinya akan semakin cepat,

Program GSL ini nantinya seperti pemeliharaan, jadi jalan jalan yang tidak masuk dalam APBD bisa ditangani dengan program ini dan akhirnya jalan bisa berfungsi dengan baik. Perkiraan bulan Mei (5) sudah mulai jalan GSL, karena diperkirakan masukan dari desa dan kecamatan sudah mulai masuk dan proses lelang juga berjalan. 

Dengan anggaran yang terbatas, tentunya kita harus bijak, menyelesaikan  berdasarkan skala prioritas,  dan Ploting anggaran pun juga secara bertahap.  bahkan Silpa kita bisa berujud material, jadi  jika ada yang bersifat emergency  bisa kita laksanakan pekerjaannya. 

"Ini program baru,  jadi program ini berharap jalan berfungsi dengan baik", pungkasnya.

Melihat Program Bupati tersebut, Muhammad Jamaah Wakil Ketua Komisi B mengatakan, Kami komisi yang membidangi leading sektor  pembangunan sebagai mitra PUPR menyambut baik, tentunya dengan program bupati tentang GSL (Gerakan Sapu Lubang),  terhadap jalan poros kabupaten untuk dapat segera direalisasikan, mengingat kondisi  jalan yang baik sangat dibutuhkan masyarakat, namunmungkin karena keterbatasan anggaran dimohon pihak pelaksana  dalam hal ini dinas PUPR  dapat menentukan titik-titik skala prioritas.

"Kondisi musim hujan berpotensi jalan rusak,  dan berlubang sangat tinggi".

Beberapa jalan yang rusak seperti jalan poros Tangkit ke Sungai Gelam, jalan poros Petaling, jalan poros wilayah Sungai Bahar, perlu segera diperbaiki, imbuh politisi Partai Gerindra ini melalui pesan singkatnya.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views