_

Gunung Merapi Terjadi Letusan Freatik, Warga Sidorejo Masih Beraktifitas Biasa

HNCK8306-730x487
Letusan freatik Gunung Merapi

JAMBI - Kondisi Gunung Merapi yang dalam minggu terakhir beberapa kali erupsi freatik membuat warga lereng merapi terus waspada.

Jumat malam sekitar pukul 20.24 WIB telah terjadi lagi letusan freatik dengan tinggi kolom 2500 meter diatas permukaan laut, dengan amplitudo maksimal 64mm mengarah ke Timur Laut, teramati dari PGM Jrakah selama1,5 menit lamanya.

Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Menyatakan kondisi Merapi pada status waspada level dua.

Warga Sidorejo pun merasa belum ada yang mengungsi.

Kondisi jalur evakuasi dari Sidorejo sesui Jalur evakuasi yang ditentukan rusak parah akibat dilalui becho dalam proyek pembangunan embung di Sidorejo, akhirnya Alternatif jalur evakuasi pengungsian dirubah rutenya sebagian.

Warga sudah melakukan pelatihan mandiri tanggap bencana di Radio lintas merapi, atas inisiasi dan swadaya warga Sidorejo.

Seperti yang disampaikan Djenarto al Jack warga Masyarakat setempat masih beraktifitas seperti biasa, termasuk pekerjaan tambang pasir. Namun bedanya parkir truk tambang mulai ditata bila suatu waktu terjadi erupsi.

Kata Jack, Warga sidorejo selalu kordinasi dengan BPPTKG G.Merapi , PMI Klaten dan BPBD Kab. Klaten dalam hal penerimaan informasi terkait kondisi gunung merapi.

 

Dd

Penulis Eksan Hartanto

Editor Abdulah Ihsan
views