_

Haedar Nashir : Islam Merupakan Agama yang Universal

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Angkatan Muda Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar dialog spesial Milad Muhammadiyah ke - 105, bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Rabu (15/11) bertempat di Aula Gedung PWM DIY Jalan Gedongkuning No. 130B, Yogyakarta.

Dialog yang dikemas dalam pengajian rutin ini mengangkat tema Islam Indonesia : Antara Cita dan Fakta. Dihadiri oleh para pemuda Muhammadiyah se DIY.

Diungkapkan Haedar Nashir, corak praktek keagamaan dan kebangsaan belakang ini menjadi salah satu permasalahan yang dipikirkan oleh Muhammadiyah terlebih ditengah merebaknya informasi dan media sosial. "Sebagian kalangan mudah terbawa arus baru yang tidak sejalan karakter Islam Indonesia terutama anak-anak muda, tak jarang sikap seperti itu membawa pada kondisi serba hitam dan putih sehingga menghasilkan ekstrem kiri dan ekstrem kanan," katanya.

Menurut Haedar kedua kelompok tersebut patut diantisipasi karena bangsa yang dewasa itu harus memiliki karakter dan tidak mudah terombang ambing dengan tradisi dan arus baru.

"Islam sebagai agama yang membawa kemajuan dan membangun peradaban harus dilihat secara utuh dalam kapasitasnya sebagai sumber ajaran Islam sekaligus sebagai suatu agama yang membentuk sejarah. Islam merupakan agama universal yang nilai-nilainya berlaku disetiap ruang dan waktu," jelasnya.

Oleh karena itu sambung Haedar, menjadi seorang Muslim pada prinsipnya merupakan menjadi manusia yang teguh dengan agamanya. "Dan pada saat yang sama juga menjadi manusia yang berakhlak mulia, bermanfaat bagi sesama dan berkualitas dalam menjalani kehidupannya," pungkasnya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor OEMAR NUSWANTARA
views