_

Harga Jaring Naik, Pendapatan Nelayan Menurun

Perbaikan Jaring membutuhkan ongkos yang cukup tinggi, untuk jaring kantong khusus udang biasanya setiap dua (2) bulan dibuang,  harus ganti bila terjadi kerusakan.

HNCK8306-730x487
Usaha warga nelayan membuat makanan dari hasil tangkapan

TANJABTIM - Nelayan udang di kecamatan Nipah Panjang, kabupaten Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi mengeluh lantaran harga jaring kantong ukuran untuk menangkap udang alami kenaikan, akibatnya, sebagian besar  nelayan udang selalu memperbaiki jaring mereka yang sudah tak layak, ketimbang harus membeli baru.

Keseharian Nelayan pencari udang di kecamatan Nipah Panjang, kabupaten Tanjung Jabung Timur ini terlihat tengah fokus memperbaiki beberapa bagian jaring atau alat tangkap udang miliknya yang rusak diatas Kapal Pompong.

Setiap kali pulang, ataupun ingin pergi melaut, nelayan udang tersebut selalu saja melakukan perbaikan jaring yang mengalami kerusakan, nelayan ini lebih memilih memberbaiki jaring yang rusak ketimbang harus membeli baru, karena harganya yang mulai tak bersahabat dengan kocek.

Dikecamatan Nipah Panjang ada puluhan nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan mencari udang,  sebagian mereka kini harus lebih bersabar lantaran harga alat tangkap mahal, sementara harga jual udang sedikit mengalami penurunan harga sejak sepekan terakhir.

Sejumlah nelayan mengungkapkan, harga jaring kantong untuk menangkap udang saat ini berada di kisaran 165.000,- rupiah untuk ukuran 0.15, sementara untuk ukuraran 0.18 berada dikisaran harga  190.000 rupiah.

Ada banyak jenis udang yang ditangkap oleh para nelayan dikecamatan Nipah Panjang, salah satunya ialah Udang Gogo. komoditas udang yang memiliki ukuran besar ini harganya mencapai  140.000 perkilogramnya, namun dalam sepekan terakhir harga hanya berkisar antara 80.000 hingga 100.000 rupiah per kilonya, ini pun juga masih dilihat kualitasnya.

Kualitas udang dibedakan berdasarkan areal penangkapan, jika penangkapan di tepi pantai harga hanya  dikisaran 90.000,- rupiah perkilogram, namun penangkapan ditengah laut bisa mencapai 110.000 perkilogramnya.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views