_

IKraFest dan JogCreasic Bakal Digelar di Yogyakarta

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Menginjak tahun kesepuluhnya mengembangkan ekonomi kreatif, BEKRAF akan menggelar pameran produk kriya unggulan, workshop, master class, talkshow, yang dikemas dalam forum simposium nasional. Disana akan ada pembahasan pengembangan ekonomi kreatif, khususnya pada subsektor kriya di Indonesia yang memerlukan arah dan strategi yang jelas berbasis pada berbagai pertimbangan matang secara kualitatif dan kuantitatif.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Sub Sektor Kriya BEKRAF, Arif Suharsono, M.Sn yang dalam hal ini BEKRAF menunjuk Kota Yogyakarta

sebagai house dalam event BEKRAF Creative Labs 2017 dengan menggandeng LPPM ISI Yogyakarta, dengan tema Indonesian Kriya Festival (IKraFest) 2017, yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 hingga 28 Agustus 2017 bertempat di Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta. "Kriya sebagai salahsatu komoditas ekonomi yang banyak melibatkan masyarakat, memiliki karakter khas pada keterampilan tangan, industri kriya di Yogyakarta sendiri sudah banyak tersebar diseluruh wilayah desa-desa, dan nilai crafmanship yang dimiliki masyarakat Yogyakarta sangat menunjang bagi eksistensi kriya," ungkapnya.

 

Ditambahkannya, dalam IKraFest 2017 nanti akan melibatkan berbagai unsur masyarakat yang diundang khusus untuk memberikan kontribusi nyata dan menjawab persoalan-persoalan dalam pengembangan sehingga dapat melahirkan kreator-kreator produk inovatif dalam dunia industri kreatif terutama dibidang kriya. "Praktisi, Akademisi, Media, Komunitas, dan Pemerintah akan kami undang secara khusus, dan para pelaku kriya yang sengaja diundang dari berbagai wilayah di Indonesia akan memperoleh pemahaman yang baik terkait berbagai hal tentang dunia kriya, sehingga bisa meng-uptodate informasi terbaru," tambahnya.

 

Sehingga diharapkan, pameran yang menampilkan pelaku kriya nasional yang bereputasi internasional dalam ajang simposium nasional ini dapat menjadikan sebagai ajang dialog atau mediasi antara pelaku kriya, masyarakat, stakeholders, dan lembaga, ataupun instansi pemerintah terkait untuk meningkatkan kualitas karya yang dimiliki.

 

Selain subsektor kriya, BEKRAF juga memiliki subsektor musik selain dari 16 subsektor yang difokuskan oleh BEKRAF saat ini. Untuk itu, subsektor musik BEKRAF masih dalam rangkaian Bekraf Creative Labs (BCL) akan menggelar talkshow, workshop, master class, dan pameran seputaran musik dengan menghadirkan seluruh unsur. "Nantinya dari keseluruhan yang mengisi acara ini akan memberikan masukan serta arahan kepada para pelaku dari industri musik dalam mengembangkan musik yang berkarakter di Indonesia," kata Ketua Program JogCreasic, Drs. Sukoco, M.Hum.

 

Selanjutnya diharapkan musik memiliki peluang besar menjadi lahan pemenuhan kebutuhan ekonomi bagi para pelakunya demi memenuhi kebutuhan ekonomi bagi para pelakunya demi memenuhi kebutuhan hidup. "Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap musik tentunya menjadi tantangan sekaligus lahan tersendiri bagi para kreator, komposer, pengrawit. Agar dapat menghasilkan karya musik yang dapat diterima oleh masyarakat dari berbagai lapisan, kreator harus berfikir keras, bagaimana melahirkan produk musik yang kreatif dan dinamis hingga kebutuhan pasar dapat terpenuhi," katanya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM UMAR
views