_

Infrastruktur Parah Warga Usulkan Dalam Musrenbang

Kondisi Infrastruktur  yang sangat parah, Warga banyak usulkan segera dilakukan pembangunan Infrastruktur untuk dongkrak ekonomi.

HNCK8306-730x487
Kondisi Jalan berdebu dan berlubang banyak di jumpai di Kabupaten tanjung Jabung Timur

TANJABTIM - Infrastruktur terutama kondisi jalan yang rusak parah yang hampir menyebar di seluruh kecamatan di kabupaten Tanjung Jabung Timur, warga banyak usulkan di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  tahun 2018. Hal ini ditegaskan oleh Bappeda kabupaten setempat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Tanjung Jjabung Timur, Ali Fahrudin menyatakan,  kegiatan infrastruktur berupa pembangunan jalan dan jembatan masih mendominasi dalam musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan tahun 2018 di kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Menurutnya,  perbaikan ruas jalan yang menghubungkan antar desa ke desa, desa ke kelurahan, desa ke kabupaten dan kabupaten ke provinsi di kabupaten Tanjab Timur menjadi usulan yang paling banyak.

Selain akses jalan, masyarakat juga mengharapkan adanya pembangunan sejumlah jembatan yang bertujuan guna mempermudah akses mobilisasi pemasaran hasil pertanian dan perkebunan masyarakat di kabupaten pesisir itu.

Ditambahkannya, infrastruktur pembangunan dibidang jalan dan jembatan lebih diupayakan pemerintah kecamatan, sebagai landasan program prioritas utama dalam proses utama dalam proses perencanaan pembangunan ditahun anggaran 2018-2019 sesuai usulan aspirasi dan keingianan masyarakat desa disetiap kecamatan kabupaten.

Sementara itu, pemerhati kebijakan publik, Arie Suryanto menyebutkan,  dalam proses pembangunan infrastruktur jalan nantinya,  pemerintah harus fokus dan tak boleh lukai hati rakyat.  Banyak jalan yang dibangun, namun kualitasnya tidak baik dan diduga jauh dari ketentuan yang ada dalam spesifikasi yang telah ditentukan.

“banyak jalan yang dibangun, namun usianya tidak bertahan lama, kondisinya rusak parah, jika dihitung hampir 40 persen dari panjang jalan di kabupaten ini rusak parah”, tegasnya.

Lanjut Arie, parahnya, perencanaan Anggaran belanja, ploting untuk gaji pegawai lebih besar dibanding untuk kegiatan pembangunan.

Hasil pantuan kantor berita waktoe dilapangan banyak jalan yang dibangun namun tidak dilakukan pengurukan di kanan kirinya, ada juga yang ketebalannya kurang, bahkan umurnya tidak mampu bertahan lama.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views