_

Jaringan Internet Lancar, Cbyer Troops Terus Melakukan Patroli

Cyber Troops dengan Jeratan  Undang Undang  ITE (Informasi Transaksi Elektronik), terhadap seseorang yang melakukan ujaran kebencian, memposting berita hoax.

HNCK8306-730x487
AKP Andi Musahar, SH memberikan keterangan perihal Cyber Troops kepad awak media di Mapolres Muaro jambi, senin 12/3/2018

JAMBI - Maraknya ujaran kebencian yang dilontarkan di media sosial akhir kahir ini menjadi perhatian serius warga masyarakat, termasuk dalam hal ini pihak Kepolisian  Republik Indonesia. Ujaran kebencian ini cenderung sudah mengarah ke unsur SARA.

Ujaran kebencian dan berita hoax, sangat cepat menyebar,hal ini disebakan  banyaknya kepemilikan Android,  dari anak –anak hingga dewasa.

Himbauan Kapolri diakhir tahun 2017, disambut oleh Polres Muaro Jambi dengan membentuk Pasukan Cyber/ Cyber Troops. Pasukan ini beranggotakan 6 orang yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP Andi Musahar, SH.

Seperti yang disampaikan Kasat Reskim AKP Andi Musahar (12/3), “Cyber Troops atau  Pasukan Cyber bertugas melakukan monitoring medsos, jikamenemukan  ujaran kebencian maka akan dilakukan pendalaman lebih lanjut, jika cukup bukti kita akan lakukan penindakan”.

Ujaran kebencian dan berita hoax sangat meresahkan,  apalagi menghadapi Pilkada atau pemilu legilative dan presiden, kata Andi.

Cara pantuan kita, ya kita masuk bergabung di facebook, tweeter, instagram,  berteman, menjalin dengan komunitas-komunitas.Jika ada berita hoax kita langsung mengecek siapa pemilik akun, lalu melakukan inventaris terhadap  akun yang melanggar.

Kata Andi, jika kita ketemu akun palsu bisa di cek juga, yang sulit jika mereka main di warnet, karena kita terbatas oleh alat yang belum kita miliki.  Kita hanya melakukan pantauan dengan alat yang kita miliki, mulai dengan handphone, PC, laptop dan itupun mengandalkan jaringan internet.

Cyber Troops mulai berjalan  15 Januari 2018 didasari sejak ada himbauan Kapolri,  masing masing satuan membuat satgas.
Disinggung soal temuan, Andi mengatakan, sampai saat ini belum ada temuan, namun kita juga melakukan dari sisi penyadaran dengan himbauan jangan bicara  dan memposting berita hoax.

Cyber Troops Polres Muaro Jambi, membatasi hanya memonitoring medsos di lingkup kabupaten Muaro Jambi, dan belum monitor terhadap blogger.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views