_

Jogonegaran Deklarasikan Kampung Panca Tertib

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Dalam mendukung pelaksanaan Peraturan Walikota Yogyakarta No 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta, Kampung Jogonegaran Kelurahan Sosromenduran Kecamatan Gedongtengen Kota Yogyakarta pada Sabtu (04/11) menggelar Deklarasi Kampung Panca Tertib bertempat di depan Balai RK Jogonegaran.

Deklarasi tersebut terselenggara setelah sebelumnya pada bulan Juli 2017 telah dibentuk Forum Kampung Panca Tertib di wilayah tersebut yang bertujuan mendukung dan melaksanakan Gerakan Kampung Panca Tertib yang bertugas mengidentifikasi permasalahan ketentraman dan ketertiban wilayah, mewujudkan komitmen Kampung Panca Tertib, dan memfasilitasi atau membuat kesepakatan penyelesaian permasalahan Panca Tertib diakhiri laporan kegiatan kepada Lurah.

Camat Gedongtengen Drs. Antariksa Agus Purnama, M.Si mengatakan hadirnya Kampung Panca Tertib di Jogonegaran merupakan pilihan yang tepat karena ditempat ini memiliki permasalahan yang cukup kompleks. "Banyak permasalahan yang diselesaikan dengan musyawarah dan gotong royong di Kampung Jogonegaran ini," ujarnya.

Sementara Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA mengungkapkan dengan diadakan deklarasi ini berarti kampung ini ada upaya untuk menciptakan warga yang tertib, lingkungan yang tertib serta suasana yang nyaman. "Kalau kita merasa nyaman sudah pasti itu aman. Ini untuk meningkatkan kualitas lingkungan sosial kita. Apabila ada permasalahan mari dirembug bareng-bareng untuk kemaslahatan orang banyak," katanya.

Diakhir acara dilaksanakan penandatanganan deklarasi Kampung Panca Tertib yang berisi mewujudkan jam belajar masyarakat dimulai dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, mewujudkan area bebas asap rokok, mewujudkan tertib penyelenggaraan pondokan dan jam berkunjung tamu, mewujudkan kondisi aman dan tertib, mewujudkan ruang terbuka hijau publik (RTHP) di Kampung Jogonegaran.

Penulis IBRAHIM UMAR

Editor OEMAR NUSWANTARA
views