_

Kader PDIP Salurkan Bantuan Bencana di Yogyakarta

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Akibat cuaca ekstrim beberapa waktu lalu di Yogyakarta yang mengakibatkan sebagian wilayah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami bencana alam banjir dan tanah longsor. Banyak pihak saling membantu meringankan beban para korban bencana alam tersebut.

Tidak terkecuali yang dilakukan Purwandari, SH atau yang lebih akrab disapa mbak Ipung ini juga turut serta membantu para korban bencana alam. Wanita yang kesehariannya menggeluti dunia pariwisata perhotelan di kawasan Malioboro ini dan menjabat sebagai Ketua RW di Kelurahan Sosromenduran, Gedongtengen, Yogyakarta ini selama pasca bencana sibuk menyambangi para korban.

"Saya secara pribadi dan atas nama RW di Kelurahan Sosromenduran turut berduka atas kejadian bencana yang menimpa Yogyakarta. Saya bersama teman-teman juga sudah menyerahkan berbagai bantuan, baik berupa materi dan barang serta doa," ujarnya, Kamis (07/12) disela-sela kunjungannya.

Ipung juga mengucapkan terimakasih kepada rekan sejawatnya yang telah ikut membantu memberikan batuan untuk para korban terdampak bencana alam di DIY. "Terimakasih kepada Bapak Baktinendra Prawiro yang telah mengulurkan tangan memberikan bantuan, dan sudah kami distribusikan. Seperti beberapa waktu lalu kami sudah menyerahkan bantuan berupa dana dan perlengkapan sekolah lengkap dengan seragam untuk warga Jlagran, Gedongtengen, Yogyakarta," katanya.

Selain itu dia juga menyambangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang mengalami longsor diwilayah Jalan Sugeng Jeroni, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. "Di makam Topasan kami juga menyalurkan bantuan dana dari Bapak Baktinendra untuk keperluan membeli peti yang dipergunakan untuk kerangka jenasah disana," terangnya.

Sedangkan untuk wilayah Notoyudan, Gedongtengen, Yogyakarta, Ipung memberikan bantuan bingkisan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak bencana tanah longsor disana. "Ada sekitar 8 paket sembako yang sudah kami distribusikan, nanti akan ada penambahan lagi setelah ada permintaan dari warga," tambahnya.

Ipung mengakui dengan terjun langsung ketempat bencana, selain bisa mengetahui secara langsung kondisi korban dan wilayah, juga memastikan bantuan telah sampai kepada yang membutuhkan secara langsung. "Agar bantuan tepat sasaran, dan kami juga jadi mengerti apa yang mereka butuhkan," katanya.

Baktinendra Prawiro yang merupakan seorang pengusaha dan juga merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ditambahkan oleh Purwandari yang juga kader PDIP ini akan terus membantu para korban bencana di DIY. "Bapak Bantinendra akan terus menyalurkan bantuan kepada para korban bencana untuk meringankan beban para korban, setelah kemarin Bapak Baktinendra juga memberikan bantuan alat berat berupa Angko, Skop, dan pacul, juga telah mengirimkan bantuan air bersih untuk di Gunungkidul yang penyalurannya melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP DIY," imbuhnya.

Dia juga berharap adanya peran aktif dari pemerintah setempat untuk membantu para korban bencana alam ini. "Pemerintah dan para anggota dewan diwilayah masing-masing diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu para korban becana alam ini," tegasnya.

Direncanakan dia juga akan menyambangi para korban bencana tanah longsor di wilayah Prambanan, Sleman, dan Bantul, serta menyambangi para koraban banjir di Gunungkidul dan Kulonprogo.

Ketua RW 01 Jlagran, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta, Hibur mewakili para korban bencana disana mengucapka  rasa terimakasih kepada Bapak Baktinendra dan Ibu Ipung Purwandari yang telah membantu warganya yang menjadi korban tanah longsor diwilayahnya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor OEMAR NUSWANTARA
views