_

Kapolres Pimpin Suling Serentak  Di Masjid  Kabupaten Muaro Jambi

Suling (Subuh Keliling), dilakukan Jajaran Polres Muaro Jambi  sebagai sarana komunikasi dengan warga masyarakat dalam rangka sosialisasi dan menjaga keamanan lingkungan.

HNCK8306-730x487
Subuh Keliling ( Suling) Kapolres Muaro Jambi AKBP Dedy Kusuma Siregar, SIK, MSi berserta Jajarannya di Masjid Kabupaten Muaro Jambi, foto: Istimewa

JAMBI - Kapolres Mauro Jambi Akbp Dedi Kusuma Siregar,S.I.K,M.S.i  Melaksanakan Suling secara serentak di masjid-masjid  kabupaten Muaro Jambi, Jajarannya tersebar di beberapa masjid  dalam  kegiatan yang sama. Muaro Jambi, 10/3/2018

Kapolres sendiri bersama staf Polres Muaro Jambi melaksanakan Suling di Masjid Nurul Wathon Al Mukhtar Rt 08 Kelurahan Sengeti Kecamatan Sekernan Masjid Kabupaten Muaro Jambi. Pelaksanaan subuh keliling (Suling) Kapolres Muaro  jambi Akbp Dedi Kusuma Siregar,S.I.K,M.Si  di Masjid Al Mukhtar Rt 08 Kelurahan Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi didampingi oleh Kasat Binmas Polres Muaro Jambi Iptu Haris Fahrizal,Kapolsek Sekernan Akp Abdul Akil, S.H ,Kanit Reg Iden Sat Lantas Polres Muaro Jambi Ipda Budi Prasetyo,Kanit Sabhara Polsek Sekernan Ipda Rakesandi,Bhabinkamtibmas (BKTM) dan Personel Polsek Sekernan,Ketua NU Kecamatan Sekernan H. Lukman Taher,Ketua Rt 08 Kelurahan Sengeti Ansori Jamil, S.Pd.I  dan Toga  dan tomas Kelurahan Sengeti.

Selesai melaksanakan Subuh berjamaah, Kapolres Mauro Jambi menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas memelihara Harkamtibmas, untuk mewujudkan hal tersebut Polri khususnya Polres Muaro Jambi dan Polsek Sekernan tidak bisa bekerja sendiri perlu adanya dukungan warga masyarakat.

“Pencegahan  gangguan kamtibmas, adanya upaya pencegahan berupa tindakan preemtif dan preventif,sedangkan  tindakan Refresif Polri mempunyai kewenangan 80% dan 20% dari intansi lain”.

Oleh karena itu untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, Polri tidak bisa bekerja sendiri perlu dukungan dari warga masyarakat dan saling bersinergi. Jelas Kapolres.

Lanjut Dedy, permasalahan yang berkaitan dengan informasi/berita melalui media sosial (medsos),dihimbau agar warga masyarakat dalam menerima informasi melalui medsos agar bisa  menerimanya dengan bijak dan bermanfaat,dengan melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait sehingga tidak mudah terprovokasi dengan pemberitaan tersebut,karena sudah banyak beredar berita-berita Hoax,dalam hal ini kepolisian sudah melakukan penangkapan terhadap para pelakunya.

"subuh keliling (suling) kita lakukan secara serentak di beberapa Masjid yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, juga diikuti perwira staf saya yakni wakapolres,Kabagops, Kabagren dan kabagsumda”.

Sekarang, saya  melaksanakan suling di masjid Masjid Nurul Wathon Al Mukhtar Rt 08 Kelurahan Sengeti,untuk Wakapolres di Masjid Addin Rt 10  Desa Mendalo Darat Jaluko,Kabagren di Masjid kecamatan Darul Sa'adah Pondok Meja Kecamatan Mestong,sedangkan Kabagsumda  di Masjid Nurul Islam Rt 18 Desa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Gelam.

Beberapa Jamaah Yang hadir menyampaikan" Alhamdulillah,Suatu kehormatan bagi kami jema'ah mesjid , dan Kapolres hadir, amien.

Kapolres menambahkan, ada beberapa pesan singkat yang masuk  dari warga masyarakat, seperti di masjid Addin Desa Mendalo Darat, “ Shubuh hari ini kedatangan bapak wakapolres dan rombongan sholat di tempat kami,serta memberikan wejangan dan pemahaman tentang kamtibmas.Dan semoga program bapak Kapolres ini berlanjut serta diikuti oleh seluruh jajaran polres Muaro Jambi.Insya Allah kab.muaro jambi khususnya dan Republik Indonesia aman dan damai dan menjadi negeri yang baldatun toyibatun ghofur.Aamiin ya mujiba Sa' ilin”.

Sementara itu,  Wakapolres Kompol Lukman,SH bersama Personel melaksanakan kegiatan Subuh keliling (Suling) di Masjid Addin Rt 10 Desa Mendalo Darat Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi, berlangsung lancar.

Pesan yang tersampaikan ke masyarakat bersama-sama untuk mempertahankan keutuhan NKRI dari ancaman pihak manapun yang sengaja memecah belah melalui penyebaran isu dalam bentuk isu SARA dan mengajak masyarakat Desa Mendalo Darat untuk bersama-sama memelihara situasi Kamtibmas agar tetap kondusif.

Begitu juga Kabagsumda Polres Muaro Jambi Laksanakan Suling Di Masjid Nurul Islam Kecamatan Sei Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Dan jajaran lain berjalan lancar.

 

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views