_

Kapolsek Umbulharjo : Berikan Perhatian Yang Cukup Pada Anak Kita

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA,  Pentingnya sebuah perhatian dan kasih sayang orangtua didalam suatu keluarga sangat dibutuhkan oleh anak-anak mereka,  agar sang anak kelak tidak 'salah jalan'. Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Umbulharjo Polresta Yogyakarta Kompol Sutikno, S. Ik,  Senin (16/10) diruang kerjanya.

Sutikno menyampaikan itu terkait tertangkap tangannya Lasiyem (20) warga Tepus, Gunungkidul saat melakukan aksi pencurian di sebuah warung dibilangan Giwangan, Umbulharjo,  Yogyakarta pada hari Minggu 15 Oktober 2017. "Kami mendapat laporan dari warga bahwa telah menangkap pelaku pencurian lalu anggota kami langsung menuju TKP, " ujar Sutikno.

Setelah dilakukan penyidikan dan pengembangan kasus,  ternyata sebelumnya pelaku juga telah melancarkan aksi pencurian dirumah warga yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat dia tertangkap. "Pelaku yang hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat sekolah dasar ini mengaku melakukan pencurian untuk memenuhi kebutuhannya, " katanya. 

Pelaku yang mengaku tidak memiliki tempat tinggal dan keluarga ini pun akhirnya terjerat pasal tindak pidana ringan (Tipiring) dengan ancaman hukuman penjara 3 bulan. 

"Disini kita lihat dari perbuatan pelaku yang melakukan pencurian di dua tempat berbeda, tapi kalau dilihat kembali permasalahan yang memicu pelaku melakukan aksinya karena kurang perhatian dan kasih sayang orangtuanya yang telah berpisah sejak dia kecil, " jelasnya. 

Untuk itu,  Sutikno berharap kepada para orangtua untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup kepada anak agar mereka tidak salah jalan,  dan melakukan tindak kriminal yang dapat merugikan orang lain. "Kalau bukan dari keluarga siapa lagi yang akan perduli dengan kehidupan anak-anak kita,  jangan sampai ada anggota keluarga kita yang terjerumus dalam tindak kriminal, " pungkasnya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM OEMAR
views