_

Karhutla Di Tanjab Timur, Mulai Ada Yang Jadi Tersangka

HNCK8306-730x487
Karhutla Di Tanjab Timur/foto/istimewa

JAMBI -  unit Tipiter sat Reskrim Polres Tanjab Timur, Melakukan Gelar Perkara sehubungan dengan peristiwa kebakaran lahan   Di Desa Parit 2 sei Rimau, Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Senin, 30/7/2018.
Disampaikan Kapolres Tanjab Timur AKBP Sitepu, kejadian kebakaran pada Sabtu (28/7) atas pemilik lahan yang terbakar terdiri dari Komang (50 ) rt 07, Panongi (50)  rt 6,  Abdul salam (45), Kalek (37), Sudik (43) semuanya dari Desa Remau Baku Ruo.
Sedangkan  lahan yang terbakar seluas 6 hektare.
Lanjut Kapolres, Kelimanya akan dikenakan pasal  Pasal 108 Jo Pasal 56 ayat (1) jo Pasal 105 UU RI Nomor.39 Tahun 2014 tentang Perkebunan atau Pasal 108 Jo Pasal 69 ayat (1) Jo Pasal 99 ayat (1) dan ayat (2) UU RI No.32 Tahun 2009 tentang PPLH (Perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup).
Kata Kapolres, telak dilakukan pemeriksaan terhadap (sabtu, 28/7), terhadap Team BPBD sebagai saksi yang ikut serta membantu memadamkan api dilahan kebakaran dan mengetahui kebakaran lahan, pemeriksaan juga dilakukan terhadap 
petugas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) saksi yg ikut serta membantu memadamkan api dan mengetahui kebakaran lahan. 
"Kita akan meminta surat pengukuran lahan yang terbakar ke Pihak BPN Kab.Tanjung Jabung Timur untuk mengetahui luas lahan  lahan yang terbakar, begitu juga meminta Bantuan Ahli  perkebunan,  dan Meminta Bukti Kepemilikan Lahan berupa Sporadik Tanah", terang Kapolres.
Dikatakan oleh AKBP Sitepu, selanjutnya kita akan Membuat Surat Permintaan Ahli BLHD untuk mengetahui  pencemaran lingkungan dan dampak  lingkungan yang di timbulkan, serta permohonan Ahli IPB ( Institut Pertanian Bogor) untuk mengetahui jumlah baku mutu udara, air dan tanah yang tercemar akibat  kebakaran lahan tersebut.
Namun, sangkaan kita masih akan meminta bantuan Ahli Pidana untuk mengetahui perbuatan melawan hukum dan unsur unsur pasal yang di persangkakan.
Kita juga masih meminta bantuan Ahli  Perseroan untuk mengetahui  Pertanggung jawaban Pemilik lahan, ujar Kapolres.
Dalam gelar perkara ini bertempat di Mapolsek Sadu oleh Kapolsek Sadu dan Team tipiter satreskrim polres tanjabtim.
Keaeriusan pemerintah bersama stake holder yang terkait dalam menjaga lingkungan terutama Karhutla jelang pembukaan Asean Games terus dilakukan.

 

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views