_

Katana Kelurahan Brontokusuman Dikukuhkan

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Guna mengurangi korban dan mempercepat penanganan pada bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendeklarasikan Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) di Kelurahan Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Dalam deklarasi ini juga digelar gladi lapangan simulasi penanggulangan bencana gempa bumi yang dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Mergangsan, Selasa (08/05).

Simulasi yang digawangi BPBD DIY ini menggambarkan disaat Kota Yogyakarta dilanda gempa bumi, dan para cluster di Katana Brontokusuman sebagai regu penyelamat pertama dilokasi. "Melalui simulasi ini nantinya masing-masing tim Katana dapat berkoordinasi dan bergerak sesuai dengan fungsinya," ungkap Sekretaris Badan Pelaksana BPBD DIY, Heru Suroso, disela-sela gladi lapangan simulasi bencana.

Dia pun menilai simulasi kali ini berhasil karena kesiapsiagaan yang dimiliki Katana Brontokusuman, masing-masing clusternya telah mengerjakan sebagaimana fungsinya. "Simulasi kali ini kami anggap berhasil karena para cluster telah berbuat sebagaimana fungsinya. Intinya apabila ada bencana jangan panik, lakukan tugas sesuai porsinya masing-masing," tambahnya.

Sementara itu Camat Mergangsan Dra Tyasning Handayani Shanti berharap dengan dibentuknya Katana di Kelurahan Brontokusuman, warga setempat dapat lebih tangguh dan waspada apabila mengetahui adanya ancaman dari bencana itu sendiri. "Nantinya setiap potensi-potensi seperti karang taruna, PSM, PKK dapat lebih ikut berperan aktif serta yang rentan seperti lansia dan anak-anak dapat lebih dahulu diprioritaskan dalam penyelamatan bencana," katanya. 

Tyasning juga mengaku diwilayah Kecamatan Mergangsan hingga saat ini telah memiliki dua Kelurahan Tangguh Bencana, yang pertama Kelurahan Keparakan, dan yang kedua Kelurahan Brontokusuman yang baru hari ini dideklarasikan.

Penulis Ibrahim Umar | oemarfm@gmail.com

Editor IBRAHIM UMAR
views