_

Kegembiraan Sri Wahyu Setelah Rumahnya Mau Dibuatkan Jamban

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Kondisi kesehatan keluarga harus di dukung oleh sarana yang memadai , sehingga dengan demikian kesehatan lingkungan secara menyeluruh, akan terjaga dengan baik. Perilaku hidup yang bersih, adalah hal yang paling penting dalam masyarakat dan menjadi dambaan semua orang, untuk itu kesehatan bagi lingkungan adalah  komitmen kita bersama untuk mewujudkannya.

Di era sekarang masih dijumpai masyarakat yang belum memiliki fasilitas jamban sendiri, di wilayah kecamatan kraton sendiri,  jumlah keluarga pra sejahtera, yang belum memiliki fasilitas MCK pribadi relatif cukup banyak. Meskipun berada di wilayah perkotaan, kemampuan memiliki jamban sendiri masih sukar untuk diwujudkan, sehingga Koramil 11/Kraton Kodim 0734/Yogyakarta terketuk hatinya untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkannya.

Menurut Danramil 11/Kraton, Mayor Inf Saidi,” Keluarga pra sejahtera yang perlu mendapatkan bantuan Jamban tahap demi tahap akan segera dibuatkan jamban. Melalui Babinsa yang ada di kelurahan masing-masing, akan di data warga mana,  yang belum memiliki fasilitas jamban sendiri," katanya.

Seperti pada salah warga masyarakat kadipaten wetan  yang tinggal di Rt 30  Rw 08,  bernama Sri Wahyu untari, terlihat sangat gembira rumahnya dibuatkan jamban. Ia tampak semringah, setelah mendapatkan bantuan secara simbolis oleh Danramil. Memang setiap tahunnya, ada 3 kali program Jambanisasi, itu adalah diperuntukkan keluarga kurang mampu, yang berada di wilayah.

"Kegiatan pembuatan jamban sendiri, akan dilaksanakan oleh personil dari Koramil 11/Kraton, dengan di bantu masyarakatnya, adalah  merupakan cermin kepedulian TNI terhadap kesehatan lingkungan, untuk mewujudkan ketahanan Nasional yang kuat," tambah Saidi.

Melalui program Jambanisasi, jaminan kesehatan bagi  masyarakat yang kurang mampu, akan dapat diwujudkan bersama dengan anggota satkowil yang ada di wilayah.

Penulis DEWI RATIH | ch.dewiratih@gmail.com

Editor IBRAHIM UMAR
views