_

Kenapa PetroChina Belum Laksanakan Amanat Permen ESDM di Blok Jabung, Ini Ceritanya

HNCK8306-730x487
Ilustrasi: Blok Migas

JAMBI - Kontrak blok Jabung PetroChina segera akan berakhir. Blok Jabung berada di lokasi kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat.
Kontrak kerja PetroChina dimulai dari 2003 hingga  akan berakhir 2023
Wakil bupati Tanjab Timur Robby Nahliansyah mengatakan akan ada saham 10 persen dalam aturannya namun hingga kini belum ada realisasi.
Mantan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral),  Sudirman Said mengatakan Pemda memiliki hak dimana suatu lapangan migas berada, dulu kita buat aturan 10 persen saham partisipasi.
“Saya tidak tahu apakah peraturan itu masih valid atau tidak”, terang Sudirman Said.  
Participating interest (PI) sebesar 10 persen yang jadi hak daerah dalam pengelolaan lapangan minyak dan gas (migas). Kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas di Indonesia, termasuk untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat juga mendapatkan saham partisipasi sebesar 10 persen sejak regulasi tersebut ditetapkan.
Pendapatan rata-rata dari saham partisipasi tersebut di atas pendapatan nasional. 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menerbitkan Peraturan Menteri  ESDM Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest (PI) 10 Persen Pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.
Aturan ini ditetapkan 26 November 2016, atau sudah berlaku setahun terakhir.
Penetapan dengan pertimbangan bahwa dalam rangka meningkatkan peran serta daerah nasional melalui kepemilikan PI dalam kontrak kerja sama dan untuk melaksanakan ketentuan pasal 34 PP No 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan PP Nomor 55 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas PP No 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.
Pasal 2 Permen ini menyatakan, sejak disetujuinya rencana pengembangan lapangan pertama kali akan diproduksi yang berada di daratan dan/atau perairan lepas pantai sampai dengan 12 mil laut pada suatu wilayah kerja, kontraktor (KKKS) wajib menawarkan PI 10 persen kepada badan usaha milik daerah (BUMD).

??????

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views