_

KPK Minta CCTV Dinas PMPTSP Ada Rekamannya

Meskipun sudah memakai CCTV dinas PMPTSP diminta memiliki rekaman/ historisnya

HNCK8306-730x487
Coky bersama bupati Masnah Busro dalam acara Korsupgah

JAMBI - Sebelum acara Monitoring dan Evaluasi dimulai di Gedung Pola Pemkab Muaro Jambi, Tim Korsupgah yang dipimpin langsung Ketua Tim Ardiansyah M Nasution atau sering dipanggil Coky melakukan monitoring langsung dilapangan, dua OPD yang langsung di Cek diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM & PTSP) dan ULP. Sengeti, 6/7/2018.
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Muarojambi , yang pertama mendapat sorotan Tim Korsupgah KPK RI, pasalnya monitor Closed Circuit Television (CCTV) yang ada dalam ruangan Kepala Dinas PM & PTSP menjadi sorotan.
Dari monitor tersebut tim menyaksikan langsung pelayanan petugas DPM PTSP.
Namun, tayangan monitor tersebut, mendapat sorotan dari Tim Korsupgah KPK RI yang diketuai, Ardiansyah Malik Nasution atau kerap disapa Coki ini. Dikarenakan CCTV tidak dilengkapi perekam, akibatnya gambar yang diambil akan terhapus setelah lima belas hari kemudian. Karena gambar yang lama tertimpa dengan yang baru.
Karena itu, Tim Korsupgah KPK RI meminta Kadis PMPTSP, M Fauzi, agar gambar CCTV tersimpan. Sehingga history bisa dilihat kembali jika dibutuhkan.
"Kalo bisa ini dipasang perekamnya, biar ada history, gambarnya kan bertahan hanya sampai 15 hari, jika tidak ada perekamnya tertimpa dengan yang baru," kata Agung, Tim Korsupgah KPK RI didampingi Bupati Muarojambi, Masnah Busro.
Dengan begitu, permintaan Tim Korsupgah KPK RI ini, direspon positif oleh M Fauzi. Dia mengatakan, siap akan menambah perekam atau History CCTV.
"Ya, secepatnya kami pasang perekamnya," ujarnya.
Fauzi juga menyampaikan, di setiap ruangan telah dipasang CCTV. Sehingga setiap ada masalah pelayanan bisa dimonitor dari ruangannya. 
CCTV yang dipasangnya juga bisa dimonitor langsung oleh Bupati secara online.
Bagaimana dengan ruangan Kepala Dinas? Dia menjelaskan, tidak ada CCTV. Namun, tidak jauh dari pintu masuk ruangannya ada CCTV yang mengarah ke ruangannya. 
"CCTV ada diluar ruangan, dekat pintu," sebutnya.
Hanya saja jika pintu ruangan Kepala Dinas tertutup, tidak bisa terpantau lewat CCTV.
Kabag ULP Gugup Jawab Pertanyaan Coky, Ada apa?
Gaya ceplas ceplos Ardiansyah M Nasution Ketua Tim Korsupgah KPK RI saat datang ke Muaro Jambi mengagetkan para OPD, Kabag, Kabid yang hadir di ruang Pola acara koordinasi Korsupgah.
Salah satu contohnya adalah Kabag ULP, saat ditanya status staffnya?.
Merasa tidak siap menjawab menjadikan Safrinal Grogi, hingga akhirnya Coky menegaskan berkali kali pertanyaanya.
"Jika staff belum independent, ini bahaya karena mereka memiliki dua pimpinan, segera hari ini pilih 10 nama, gak usah ditanya dia bersedia atau tidak, saya akan sampaikan ke bupati, besok SK nya langsung turun".
Namun saat itu, plt Sekda meluruskan bahwa ULP sudah independent.
Coky dalam kesempatan yang berbeda saat melakukan kunjungan ke DPRD  mengatakan  bahwa ULP Muaro Jambi sudah baik, independent, dan sudah melakukan SOP dengan benar, Ujar Coky.

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views