_

KPK Roadshow#busantikorupsi

HNCK8306-730x487

JATENG~Dalam rangka melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia akan menggelar kampanye dan edukasi antikorupsi kepada masyarakat melalui kegiatan Roadshow #BusAntikorupsi KPK 2018 dengan tema “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi” di Kabupaten Klaten selama dua hari. Kegiatan hari pertama, Selasa, 16 Oktober 2018 diadakan di RSPD Klaten dan kegiatan hari kedua,  Rabu, 17 Oktober 2018 di RSPD Klaten dan di Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten.  
Demikian dikatakan Kepala Bagian Humas Pemkab Klaten H Wahyudi Martono SSos MM di ruang kerjanya, Jumat pagi, 12 Oktober 2018. Untuk menyukseskan acara tersebut jajaran Pemkab Klaten pada Kamis, 11 Oktober 2018 pukul 12.00 WIB sampai selesai sudah mengadakan rapat persiapan yang dipimpin Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM dan Asisten II Sekda Klaten Drs H Purwanto AC MSi. 
Menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Klaten H Wahyudi Martono SSos MM, pada kegiatan #BusAntikorupsi KPK 2018, KPK RI akan hadir di tengah masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan seperti sosialisasi, kampanye dan edukasi antikorupsi untuk pelajar, mahasiswa, aparatur daerah dan masyarakat umum. Pada kegiatan tersebut, Pemkab Klaten ikut berpartisipasi dalam bentuk kolaborasi kegiatan dengan menampilkan pelayanan publik dan publikasi upaya antikorupsi yang telah dilakukan Pemkab Klaten kepada masyarakat. 
H Wahyudi Martono menjelaskan, kegiatan #BusAntikorupsi KPK 2018 pada hari pertama Selasa, 16 Oktober 2018 antara lain pembukaan pukul 08.00 WIB, sesi I untuk siswa TK sederajat pukul 09.00 WIB sampai 10.30 WIB dengan acara mendongeng antikorupsi, playday boargames antikorupsi dengan keranjang bolong, nonton bareng film Si Kumbi Anak Jujur. Kemudian sesi II untuk siswa SD sederajat kelas 1 sampai kelas 3 pukul 10.30 WIB sampai 12.00 WIB kegiatannya berupa playday boargames antikorupsi sahabat pemberani, Terajana dan nonton bareng film Sahabat Pemberani. 
Kemudian untuk sesi III, kata H Wahyudi Martono SSos MM, untuk siswa SMP sederajat mulai pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan kegiatan sosialisasi antikorusi, playday boargames antikorupsi PDKT dan Terajana,  nonton bareng film pendek serta  pentas musik dan budaya.  Setelah itu pukul 16.00 WIB sampai 17.30 WIB game dan interaktif untuk masyarakat ukum, pukul 18.30 WIB sampai 19.30 WIB musik akustik dan performance pelajar, pukul 19.30 sampai 20.00 WIB games dan interaktif masyarakat umum dan pukul 20.00  sampai 21.00 WIB pemutaran film untuk masyarakat umum. 
Hari Kedua 
Lebih lanjut H Wahyudi Martono mengatakan, untuk kegiatan #BusAntikorupsi KPK 2018 pada hari kedua, Rabu, 17 Agustus 2018 juga diadakan beberapa kegiatan. Sesi I dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB untuk siswa SD sederajat kelas 4 sampai kelas 6 dengan acara playday boargames antikorupsi Sahabat Pemberani dan Terajana, nonton bareng film Sahabat Pemberani dan simulasi penyidik cilik. 
Setelah itu, lanjut H Wahyudi Martono, pukul 10.00 sampai 12.00 WIB sesi II untuk siswa SMA/SMK sederajat dengan agenda sosialisasi antikorupsi, playday boargames antikorupsi PDKT dan Terajana, nonton bareng film pendek serta pentas musik dan budaya. Pada waktu yang sama di Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten pukul 10.00 WIB sampai selesai digelar kuliah umum Antikorupsi. 
Selanjutnya, kata H Wahyudi Martono, di Unwidha Klaten selain diadakan kuliah umum Antikorupsi, juga digelar beberapa kegiatan seperti aktivitas edukasi dan kampanye antikorupsi di Bus KPK seperti games interaktif, sosialisasi, musik dan pemutaran film.
 Rangkaian Roadshow #BusAntikorupsi KPK 2018 diadakan di 11 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah salah satunya di Kabupaten Klaten. Kegiatan Roadshow #BusAntikorupsi KPK 2018  bertujuan untuk membumikan antikorupsi kepada masyarakat. Saat kegiatan di RSPD Klaten diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai mobil layanan keliling juga memberikan layanan masyarakat sehingga juga harus stand by di RSPD Klaten antara lain mobil layanan Dinas Dukcapil, mobil layanan Satu Atap, mobil layanan pajak SAMSAT dan mobil layanan SIM keliling Polres Klaten, mobil perpustakaan keliling, mobil layanan kesehatan RSUD Bagas Waras Klaten dan sebagainya.  (Bagian Humas Klaten)

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views