_

KPU DIY Temukan Data Ganda Keanggotaan Parpol

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menemukan adanya indikasi anggota ganda dari partai politik yang menyerahkan dokumen berupa soft copy dan hard copy untuk persyaratan keikutsertaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 saat pendaftaran calon parpol di KPU Kota/Kabupaten di DIY. Hal tersebut disampaikan komisioner KPU DIY Siti Ghoniyatun, Senin (30/10) di Ruang Pusat Informasi Pemilu KPU DIY, Kantor KPU DIY, Jl. Ipda Tut Harsono No 47, Yogyakarta. 

Dia mengatakan temuan keanggotaan ganda hampir merata di lima wilayah DIY. Terbanyak menurutnya ada di Kabupaten Bantul. "Dengan total 1194 diikuti Kota 594, Sleman 108, Gunungkidul 550 dan Kulonprogo 600," katanya.

Bahkan menurutnya jumlah ini masih bisa terus bertambah karena proses teus berjalan, masih terus dihitung. "Temuan ini memuat adalah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) baik itu orang memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) dua parpol, adanya anggota parpol yang masih di bawah umur, hingga anggota parpol berlatar belakang PNS atau TNI/Polri,” ungkapnya. 

Ditambahkannya, saat ini KPU Kota/Kabupaten tengah melaksanakan verifikasi faktual bidang administrasi mengecek dan mencocokkan dugaan data ganda tersebut. “Prosesnya sudah dilaksanakan sejak 17 Oktober hingga 15 November 2017, kemudian dibuat hasil klarifikasi dan partai politik diberi waktu memperbaiki 18 November hingga 1 Desember 2017,” lanjutnya. 

KPU DIY sendiri menyatakan 18 partai politik yang telah dirasa lengkap menyerahkan berkas ke KPU yakni PIKA, PKPI, PAN, Berkarya, PBB, PDIP, Demokrat, Gerindra, Garuda, Golkar, Hanura, PKS, PKB, Nasdem, PPP, PSI, Perindo, dan Partai Rakyat. 

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor OEMAR NUSWANTARA
views