_

Letusan Freatik Gunung Merapi Beruntun, Paksa Warga Mengungsi

HNCK8306-730x487
Warga Balerante, kecamatan Manisrenggo kabupaten Klaten mengunsi di Koramil , foto: istimewa

JATENG - Disaat warga berkhidmat menjalankan sholat Tarawih di masjid -masjid, warga Balerante, kecamatan Manisrenggo kabupaten Klaten berbondong-bondong mengunsi di Koramil Manisrenggo. Klaten, 22/5/2018.

Sekitar 18 warga mengunsi di Koramil Manisrenggo Klaten, namun sekitar tengah malam mereka kembali ke rumah masing masing.

Seperti disampaikan Jainu salah satu perangkat desa Balerante, warga mengungsi karena terjadi letusan freatik tadi sore dan juga hujan abu. Namun warga sudah kembali ke rumah masing masing.

BPPTKG merilis  telah terjadi letusan freatik kecil atau hembusan pada tanggal 21 Mei 2018 pukul 01.25 WIB selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 m teramati dari Pos Babadan. Amplitudo seismik terukur 20 mm. 

Dan, merekomendasikan agar Masyarakat untuk tidak panik dan beraktifitas seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi.

Sementara itu, Pusdalops BPBD Sleman juga merilis 

Erupsi Freatik Merapi

Senin, 21/5 (Pukul 17.50 WIB) terjadi hujan abu di Kalitengah Lor pada pukul 18.37 WIB yang disampaikan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik yang telah dihubungi oleh BPPTKG bahwa telah terjadi erupsi freatik pada pukul 17.50 WIB  dengan amplituo 50mm. Informasi dari BPPTKG via twitter @BPPTKG durasi letusan freatik 3 menit. 

Arah sebaran abu vulkanik ke tenggara-selatan, namun  Status aktifitas merapi tetap #NORMAL

BPBD Sleman terus Memantau situasi dan kondisi wilayah Sleman (Sisi Utara), Meluncurkan TRC BPBD Sleman ke Kec. Cangkringan (Umbulharjo dan Glagaharjo), Koordinasi dengan bidang logistik untuk persiapan pembagian masker, Koordinasi dengan Posko KSM Desa Glagaharjo terkait distribusi masker, Barak Gayam standby sewaktu-waktu apabila digunakan

Terpantau terjadi Hujan abu terjadi di Kec. Cangkringan (Glagaharjo, Kepuharjo, Umbulharjo) , Kec. Pakem (Purwobinangun, Hargobinangun, Kaliurang), Sebagian warga Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul bergeser ke Balai Desa.

Sampai berita ini diterbitkan, status Gunung Merapi ditingkatkan dari normal ke waspada oleh BPPTKG sekitar pukul 23.00 WIB. Selanjutnya untuk mengosongkan warga radius 3 KM dan menutup pendakian.

 

Penulis Eksan Hartanto

Editor Abdulah Ihsan
views