_

Lomba Souvenir Khas Destinasi Wisata 2017 Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) guna mewujudkan industri kreatif berbasis budaya mengadakan Lomba Souvenir Khas Destinasi Wisata 2017. Dengan peserta dari 5 Kabupaten / Kota DIY memperebutkan total Hadiah Senilai RP 187.500.000,-

Kepala Bidang ILSA (Industri Logam, Sandang dan Aneka) DISPERINDAG DIY, Ir. Endang Srinuryani, MM mengungkapkan yang melatarbelakangi acara ini adalah Yogyakarta yang merupakan tujuan wisata sekaligus daerah pengembangan Industri Berbasis Budaya, serta pengembangan industri kreatif perlu dilakukan seiring dengan pengembangan destinasi wisata, karena obyek-obyek wisata di DIY merupakan sumber ide-ide  kreativitas yang tak pernah habis.

"Maksud dari acara ini adalah menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan produk produk souvenir sebagai oleh-oleh atau kenangan wisatawan dari DIY. Sedangkan tujuannya untuk mengenali ide-ide kreatifitas masyarakat dalam  pembuatan souvenir, menemukan souvenir khas masing-masing Kabupaten/Kota, juga sebagai peluang usaha di bidang souvenir," ujar Endang.

Untuk persayaratan mengikuti lomba tersebut adalah WNI, ber-KTP atau memiliki identitas Kabupaten/Kota yang disertakan saat mendaftar, lomba ini bisa diikuti oleh individu atau kelompok, Mahasiswa, IKM, pelajar dan umum. "Untuk pendaftaran dimulai tanggal 1 Agustus 2017, batas penyerahan karya pada tanggal 29 September 2017, dan pengumuman pemenang di tanggal 18 Oktober 2017," katanya.

Sedangkan untuk materi bahan lomba terbagi atas Kayu, Bambu, Logam, Tekstil, Keramik, Serat Alam, dan Kulit. Untuk kriteria lomba adalah, peserta menyerahkan karya desain dalam bentuk prototype/karya jadi dengan dilengkapi Konsep karya, Gambar kerja ( Gambar tampak, gambar potongan, gambar kontruksi dan gambar perspektif ) Gambar kerja yang dikumpulkan dalam betuk hard copy( kertas A4 ) dan Soft copy dalam CD, Kalkulasi harga pokok produksi ( HPP ), Biodata peserta dan photo copy KTP/indentitas.

"Konsep karya, gambar kerja dan kalkulasi harga dikumpulkan dalam satu bendel(dijilid). Karya desain yang tidak dilengkapi dengan dokumen-dokumen tersebut tidak akan dinilai dan tidak diikutkan dalam lomba, desain belum pernah diikut sertakan dalam lomba yang lainya atau dipublikasikan disertakan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000, setiap peserta hanya diperbolehkan menyerahkan 1 karya desain, penyelenggara memiliki hak guna atas karya desain yang menjadi pemenang lomba, kerajinan juara pertama sampai tiga menjadi hak milik panitia (Hak siar), hak cipta tetap menjadi milik perancang bersangkutan," jelasnya.

Untuk kriteria desain diharuskan produk tersebut fungsional, memiliki ciri khas seni dan budaya Yogyakarta, berbahan Logam, Kayu, Tanah Liat, Kulit, Serat alam, Kain, Batu atau Kombinasi beberapa bahan atau mix media. Mudah dibawa, dan bahan finishing yang digunakan berbasis ramah lingkungan tidak berbahaya.

"Kriteria penilaiannya meliputi kreatif, inovatif dan orisinil serta berakar budaya, berorientasi ramah lingkungan, memiliki unsur kenyamanan dan keamanan, mengandung nilai estetika, memiliki nilai jual di Pasar Global, mudah dibawa, dan yang terpenting keputusan Juri tidak bisa diganggu gugat," tandasnya.        
    
Unruk pendaftaran lomba bisa menghubungi Sekretariat dan Informasi Lomba, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jalan Kusumanegara No 9, Yogyakarta, Telp/ Fax . : 0274 – 512063/ 581335.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM OEMAR
views