_

Mantan DPR RI Sebut Kabag Humas Pemkot Jambi Upaya Politik Praktis

HNCK8306-730x487
Usman Ermulan

JAMBI - Tokoh Masyarakat Jambi, Usman Ermulan menyanyangkan dengan sikap Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kota Jambi, ketika adanya baliho maupun spanduk calon Pasangan Walikota dan Wakil Walikota sebelum memasuki masa kampanye langsung dicopot tanpa adanya laporan masyarakat.

"Kenapa kok Panwaslu harus menunggu laporan baru menindaklanjuti. Kalau memang bersalah di tindak, tidak perlu nunggu laporan," ujar mantan Anggota DPR RI itu, belum lama ini.

Namun ketika adanya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Jambi diketahui bernama Abu Bakar menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Jambi, potonya di muat bersama salah satu calon kandidat walikota jambi disalah satu media cetak harian di Provinsi Jambi, Panwaslu belum menindaklanjuti.

Panwaslu mengetahui aturan, harusnya dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat apakah poto tersebut melanggar aturan atau tidak melanggar aturan. 

"Kalau saya lihat Poto itu, ada upaya mengarah kepada politik praktis," kata Usman.

Mantan Bupati dua periode ini mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang melakukan politik praktis. Lalu jika ada ASN melanggar, Panwaslu berhak menyurati Kementerian Dalam Negeri. Sanksi berat hingga pemecatan sebagai ASN.

Panwaslu yang enggan memberikan penjelasan kepada masyarakat akan berpengaruh terhadap kabupaten lain yang menyelenggarakan kegiatan Pilkada seperti di kabupaten Merangin dan Kerinci.

"Amat disayangkan jika nantinya ada ASN lain melakukan seperti itu di tindak tegas atas ketidaktahuan malah menjadi korban," kata Usman.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Jambi, Ari Juniarman sempat dikonfirmasi belum lama ini mengakui, baru mendapatkan informasi tersebut. Pihaknya akan segera mempelajari terkait poto di muat di salah satu media harian tersebut. 

"Kalau info awal kami akan pelajari. Tapi lebih baik bapak yang melaporkan," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, seorang Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Jambi potonya dimuat bersama salah satu calon kandidat walikota jambi disalah satu media cetak harian di Provinsi Jambi. Poto tersebut telah tersebar dan dicetak di salah satu media harian cetak di Jambi edisi selasa (17/04).

ASN diketahui bernama Abu Bakar menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Jambi.

Selain di muat dalam bentuk koran, juga di posting melalui media sosial akun Facebook MD diketahui menjabat sebagai pimpinan Perusahaan di perusahaan media tersebut dengan judul berita 'Kota Jambi Didominasi Raih Penghargaan Pembangunan Terbaik"

Pada koran, terlihat poto Abu yang di muat dengan calon kandidat pada berita tersebut, Abu terlihat duduk di kursi depan meja kerjanya menggunakan baju kemeja berwarna biru sedang mengepalkan tangan kanannya.

Poto tersebut tampak di ambil di dalam ruang kerjanya, layar komputer di mejanya sedang menyala disengaja atau tidak disengaja gambar di wallpaper bergambarkan kandidat walikota Jambi, DR Syarif Fasha menggunakan baju putih terpampang jelas di sudut bagian sebelah kiri gambar yang dimuat tersebut.

Penulis Ramadhani

Editor Abdulah Ihsan
views