_

Masnah Busro Hadiri Rakor Karhutla di Jakarta

HNCK8306-730x487
Bupati Muaro Jambi Masnah Busro saat Rakor di Istana Negara Jakarta. Foto: Istimewa

JAMBI - Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2018 di kawasan Muarojambi, Masnah Busro, Bupati Muaro Jambi menghadiri Rakornas bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Masnah menyebutkan, dalam Rakornas pencegahan Karhutla tahun 2018 itu langsung mendapat arahan dari Presiden RI Joko Widodo terkait pencegahan Karhutla tahun 2018. Bupati yang memili sapaan Upik Masnah ini menyebutkan, Rakornas Itu juga dihadiri gubernur, bupati/walikota, Pangdam, Kapolda, kepala dinas mehutanan provinsi di wilayah rawan Karhutla. 

"Seperti Muarojambi, murupakan kawasan rawan Karhutla. Makanya kita diundang pada Rakornas ini," ujarnya.

Dalam Rakornas tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan daerah. Katanya, yaitu mengotimalisasi upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, telah disusun grand design pencegahan Karhutla dan SOP pencegahan Karhutla oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian dengan melibatkan peran akademisi serta sektor swasta. 

"Langkah-langkah upaya pencegahan tinggal kita realisasikan di Muarojambi," sebutnya.

Untuk diketahui, turut hadir para pimpinan pemerintah daerah yang termasuk wilayah rawan Karhutla, seperti Gubernur Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, serta para bupati dan walikota dari kabupaten/kota yang rawan Karhutla

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views