_

Mengulik Pasar Tradisional Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur - Jambi

HNCK8306-730x487
Pasar Minggu di Blok D kecamatan Geragai, di pinggir Sungai nampak dipagi hari

Pasar pasar tradisional di Tanjung Jabung Timur, ada cirikhas tersendiri. Jika di Jawa pasar setiap hari ramai namun ada hari yang paling ramai dan hal itu didasari pasaran hari seperti pasar yang dihitung selama 5 hari pasaran mulai dari pasaran Pon, Wage, Kliwon, Legi, Pahing.

Namun berbeda dengan pasaran di Jambi yang hanya memakai hari mulai pasar Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Uniknya pasar hanya satu hari selain hari itu tidak ada aktifitas jadi para pedagang dan pembeli menyesuaikan.

Para pendagang yang jualan jarak tempuh cukup jauh untuk bisa sampai di lokasi pasar. Seperti pasar Minggu di blok D kecamatan Geragai, mulai dari jam 05.00 WIB hingga kisaran jam 14.00 WIB.  Pedagang berasal dari berbagai daerah,  pedagang kelontong dari kota Jambi, pedagang sayur dari sekitar pasar saja, begitu juga pasar Teluk Majlis setiap Senin, pasar Pelabi setiap Selasa, Simpang Kiri di Mendahara Ulu, setiap Rabu, untuk Kamis dipasar Pariculum Kampung Laut, hari Jumat pasar- pasar kecil, Sabtu di pasar Mendahara Hilir.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views