_

Mengulik Tugas TNI Di Perbatasan

Tidak hanya mengamankan wilayah di perbatasan, namun para anggota TNI Kompi B Satgas Pamtas RI-PNG, Yonif 410/ ALg juga melakukan kegiatan bagi masyarakat sekitar pos jaga.

HNCK8306-730x487
Lettu Inf Sunarta, Komandan Kompi B Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alg membagikan buku dan alat tulis kepada Siswa SD YPKK

PAPUA - Kegiatan pengamanan di wilayah perbatasan demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang dilakukan oleh Yonif 410/ Alugoro Blora, Jawa Tengah. Kompi B Satgas Pamtas  RI-PNG  Yonif 410/ Alg yang dipimpin Lettu Inf Sunarta menjaga di pos Webi dan Webes. Papua, 22/11/2017.

Disamping tugas menjaga kemanan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG), Anggota TNI ini juga melakukan kegiatan sosial dimasyarakat sekitar. Berbagai  kegiatan sosial dilakukan, seperti memberikan sosialisasi budidaya ikan kepada masyarakat Wembi, kp Piawi kabupaten Keerom, hadir dalam kesempatan tersebut 100 orang.
Nampak hadir kepala suku, tokoh adat, tokoh agama, kepala kampung,  dan para pemuda sangat antusias mendengarkan cara budidaya Ikan. Sosialisasi di pimpin langsung komandan kompi Lettu Inf Sunarta.
Kepala kampung wembi, Blasius Penh mengatakan,  terimakasih kami sampaikan kepada  TNI yang bertugas yang memberikan penyuluhan  dan memberdayakan masyarakat,  kampung Wembi sangat potensial untuk pelihara ikan karena air mengalir dari pegunungan dan selama ini belum dimanfaatkan".

Selain itu kegiatan sosial yang diadakan adalah pemberian bantuan buku dan alat tulis kepada murid SD YPKK kampung Wembi Dostrik Manen kabupaten Keerom. Masih banyak kegiatan kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat sekitar pos pengamanan, kegiatan belajar mengaji bagi masyarakat terutama siswa setelah pulang sekolah pun dilakukan.

Ketertarikan mengaji bagi anak-anak muslim masih sangat lemah, maka dibuatkan pondok pesantren atau TPQ  di Pos Webi dari 4 (empat) orang sampai 19 (sembilan belas) orang, kemudian di pos Webes dari 2 (dua) orang menjadi 11 (sebelas) Orang. 
Seperti yang disampaikan komandan kompi Lettu Inf. Sunarta, "disamping mengajar mengaji  yang diampu oleh Serma Arif Pribadi dan Kopda Tri wahyudi anggota TNI disetiap Minggu juga mengajar sekolah Minggu bagi anak -anak Nasrani".

https://www.youtube.com/watch?v=qBv5zCjBMng

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views