_

Munajat Masnah Busyro Saat Penandatangan KUA-PPAS Perubahan

HNCK8306-730x487
Masnah Busro dalam penandatanganan KUA PPAS bersama pimpinan DPRD Kab Muaro Jambi

JAMBI – Bupati Masnah Busyro hadiri Rapat paripurna DPRD kab. Muaro Jambi dengan agenda pengambilan keputusan dan penandatanganan kesepakatan rancangan KUA- PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2018. Sengeti, 17/9/2018.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Masnah Busyro menyampaikan, penghargaan kepada DPRD dan Semua yang hadir. “Apresiasi dan bangga atas kesepakatan dan persetujuan KUA PPAS “, ujar Masnah.

Adanya penyesuaian-penyesuaian terhadap peraturan perundang-undangan, maka muncul perubahan. Sektor PAD menjadi faktor utama dalam sektor Restribusi, bagi hasil pajak pusat dengan daerah yang tidak sesuai, Rasionalisasi pun dilakukan  sebagai jalan keluar. Adanya rekomendasi dari KPK adanya bughet Reboisasi dan dana BOS.

Rapat dipimpin Ketua DPRD, Salmah Mahir, rapat dihadiri oleh 24 orang yang hadir dari 35 anggota Dewan.

Pembacaan pendapat Akhir disampaikan oleh Jurubicara DPRD menyebutkan, dalam pengelolaan keuangan  daerah melalui pembahasan di DPRD, dan dalam penandatanganan nota kesepahaman KUA-PPAS APBD Perubahan 2018, yang sebelumnya telah disampaikan Nota Keuangan oleh Bupati sebelumnya.

Kesamaan pandang menjadi faktor utama dalam pembahasan KUA PPAS, sesuai Permendagri tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagai kerangka umum rincian perkiraan anggaran yang disingkronkan dengan kondisi riil kabupaten Muaro Jambi.

Responsibility dewan dan TAPD, dan akan dituangkan nantinya dalam APBD Perubahan, terangnya.

Ditambahkan, Skala prioritas telah disesuaikan dengan  kondisi riil, setelah adanya defisit anggaran kuang lebih 42 Milyard dengan Silpa nol rupiah.

Kesimpulan  DPRD  dalam persetujuan tersebut adalah KUA PPAS yang disampaikan Bupati telah dilakukan koreksi dan penyempurnaan, dan disesuaikan ketentuan perundang-undangan undangan yang berlaku. Maka DPRD mengusulkan untuk disepakati bersama.

Beberapa  catatan yang disampaiakan antara lain mengharapkan Pemda mengoptimalkan sumber pendapatan asli daerah dan tidak ada ketergantungan ke pusat yang selama ini sangat  tinggi, OPD agar melaksanakan kegiatan dengan  efisiensi ,efektif dan akuntable serta menekankan untuk mengoptimalkan kondisi lahan  Muaro Jambi yang subur, dan tata kelola pertanian yang baik, serta Akses pendidikan kesehatan baik dan Pelayanan yang proesional.

Dihadapan Media Bupati Masnah Busyro mengatakan akan segera melakukan evaluasi terhadapa beberapa catatan yang disampaikan DPRD.

"Saya akan segera Panggil Dispenda untuk pembahasan mengenai Restribusi dan Pendapatan Asli daerah, terkait dana BOS akan kita masukan di Anggaran perubahan  atau APBD 2019, untuk dana Reboisasi juga sama akan kita alokasikan ke Dinas Perkim", ujarnya.

lebih lanjut, evaluasi tadi kita akan sinergi dengan dewan dan OPD untuk melaksanakan seluruh program.

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views