_

Nyai Ahmad Dahlan The Movie Panutan Perempuan

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA - IRAS Film mempersembahkan sebuah film yang mengangkat tokoh wanita Islam di Indonesia, dia bernama Siti Walidah, atau yang lebih sering disapa Nyai Ahmad Dahlan. Dia adalah istri dari KH Ahmad Dahlan pendiri organisasi Islam terbesar Muhammadiyah.

 

Dalam film yang dibintangi oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmah Dahlan, dan David Chalik yang memerankan KH Ahmad Dahlan ini menampilkan sosok Nyai Ahmad Dahlan yang merupakan tokoh emansipasi perempuan dari Kauman, Yogyakarta yang merupakan perkampungan santri. Pada zamannya Nyai Ahmad Dahlan sendiri bahkan menjadi panutan kaum perempuan.

Produser film Nyai Ahmad Dahlan Dyah Kalsitorini mengungkapkan selain dibintangi pemain film kenamaan Indonesia, dalam film ini juga didukung oleh keluarga besar KH Ahmad Dahlan yang tergabung dalam Yayasan KH Ahmad Dahlan. “Serta tidak ketinggalan dukungan puluhan kader bahkan aktivis Muhammadiyah turut andil dalam pembuatan film tersebut,” ujarnya, Rabu (23/08) saat Gala Premiere Nyai Ahmad Dahlan The Movie di Empire XXI Yogyakarta.

Film yang mengambil tempat syuting di Kulonprogo, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta ini menggambarkan seorang Nyai Ahmad Dahlan yang perihatin karena saat itu banyak anak-anak balita pribumi yang bermain tanpa bimbingan orangtua, karena ditinggal bekerja sebagai buruh diperusahaan batik disekitar Kauman. “Setelah organisasi Muhammadiyah berdiri, selanjutnya Nyai Ahmad Dahlan mendirikan perserikatan perempuan yang selanjutnya dikenal dengan nama ‘Aisyiyah, melalui ‘Aisyiyah ini Nyai Ahmad Dahlan mengumpulkan anak-anak balita tersebut untuk diajak bermain dan belajar, anak perempuan pun diberikan akses yang sama oleh Nyai Ahmad Dahlan, padahal saat itu pendidikan masih menjadi milik laki-laki,” jelas Dyah Kalsitorini.

Pembuktian persamaan derajat tersebut tergambarkan ketika sepeninggalnya KH Ahmad Dahlan, Nyai Ahmad Dahlan menjadi perempuan yang memimpin Kongres Muhammadiyah pada tahun 1926. “Banyak hal yang saya dapat dari sosok Nyai Ahmad Dahlan, bahkan disaat saya melakukan observasi pada sosok tokoh Nyai Ahmad Dahlan,” ungkap Tika Bravani.

Film yang akan tayang serentak di bioskop-bioskop tanah air pada Kamis, 24 Agustus 2017 ini telah mengadakan Gala Premiere dibeberapa daerah, diantaranya Jakarta, Makasar, Surabaya. “Dan terakhir Yogyakarta, yang menjadi Gala Premiere puncak pemutaran film Nyai Ahmad Dahlan The Movie. Dipilihnya Yogyakarta sebagai Gala Premiere puncak karena selain proses syuting sepenuhnya berada di Yogyakarta, dan Kota Yogyakarta ini juga merupakan Ibu Kota Muhammadiyah,” pungkas Dyah Kalsitorini.

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor IBRAHIM OEMAR
views