_

Pameran Besar Seni Kriya Undagi #2 Akan Dibuka 9 Mei 2018

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Sukses pada pameran besar seni kriya Undagi #1 pada tahun 2016, Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, ISI Yogyakarta Fakultas Seni Rupa Jurusan Kriya dan Dinas Kebudayaan DIY akan menggelar Undagi #2 yang akan dibuka pada 9 Mei 2018 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

"Pameran Undagi #2 akan diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 13 Mei 2018 di TBY. Pameran seni kriya ini akan dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI," ujar Timbul Raharjo selaku Kurator acara pameran tersebut, Selasa (01/05) saat jumpa wartawan di salah satu rumah makan dibilangan Yogyakarta.

Ditambahkan Timbul, pameran seni kriya ini mendatangkan 84 kriyawan dari Sumatera, Jawa dan Bali yang akan menampilkan lebih dari 100 karya hasil mereka. "Pada Undagi #2 akan menyajikan karya-karya yang lebih memberikan inspirasi bagi pertumbuhan dan perkembangan kriya yang mengkolaborasikan potensi kreasi dengan material," tambahnya.

Karya Kriya yang disajikan pun lanjut Timbul merupakan karya kriya baru yang unik dan kreatif. "Sebab peristiwa ini akan lebih mengutamakan kebaruan ide penggalian budaya bangsa, materi, teknik dan finishingnya. Tidak menutup kemungkinan karya yang bersifat murni yang menggali potensi bangsa," lanjutnya.

Untuk itu peserta adalah kriyawan yang memiliki dedikasi tinggi terhadap profesinya, karena karya yang dipamerkan akan dikurasi secara ketat, berkaidah keseni rupaan. "Sehingga diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan edukasi masyarakat luas," pungkasnya.

Penulis Ibrahim Umar | oemarfm@gmail.com

Editor IBRAHIM UMAR
views