_

Pejuang Anak Negeri di Sekolah Prestasi Jambi

HNCK8306-730x487

Khairil Amri beserta Istri

JAMBI - Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun di 17 Agustus lalu. Para Pahlawan negeri tengah mempersiapkan diri perang demi masa gemilang.

SMA Negeri 6 di Kota Jambi unggul sebagai gudang prestasi dari berbagai cabang olahraga. Mereka yang ingin menempuh pendidikan di sekolah itu dapat mudah masuk melalui jalur prestasi atau non akademik.  

Kini siswa-siswi di sekolah itu tengah menghabiskan masa muda demi prestasi. Karena mereka yakin olahraga bisa menjadi berkah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Kota Jambi Khairil Amri menyebutkan, semakin banyak siswa yang mendaftar jalur prestasi semakin baik. SMA Negeri 6 mencatat 84 atlet prestasi berbagai cabang olahraga selama kurun waktu tahun 2015 di sekolah itu diraih di kancah nasional dan internasional.

Olahraga bagian dari proses dan pencapaian tujuan pembangunan daerah dan nasional karena dengan olahraga dapat turut mengangkat harkat dan martabat daerah maupun Bangsa Indonesia. 

Oleh karena itu, diperlukan kebersamaan serta kerjasama antara pemerintah maupun swasta didalam membangun prestasi olahraga. Dengan olahraga juga menghadirkan dampak yang positif dari sisi ekonomi. Dimana akan terbukanya lapangan pekerjaan, investasi di bidang olahraga, hingga pariwisata. 

"Olahraga kita cukup disegani dari sekolah lainnya," ujarnya, Kamis (23/08/2018).

Menurut Khairil, untuk menuntaskan kewajibannya sebagai pelajar mereka diperbolehkan mengikuti pelajaran atau ujian susulan semester sehingga mereka tetap fokus dengan apa yang dilakukan. Sebagai simbolisasi penghargaan dan penghormatan terhadap prestasi atlet mengharumkan nama baik atas prestasi yang ditorehkan Khairil rutin mengajak mereka makan-makan.

"Setiap upacara bendera di hari Senin selalu ada juara-juara baru di raih, Kita bangga kepada mereka. Kita ajak mereka makan-makan di sekolah secara simbolisasi penghargaan dan penghormatan. Semoga bisa menginspirasi anak-anak lainnya untuk semangat mengejar prestasi dalam berbagai bidang," kata pria lahir 60 tahun silam itu.

Khairil lama aktif bergabung berbagai organisasi masyarakat tersebut aktif membangun kerjasama dengan semua pihak untuk memperhatikan anak didiknya.  Siswa-siswi yang berlatar belakang kurang mampu diberi kemudahan dalam urusan biaya administrasi dan mengupayakan untuk mendapatkan beasiswa.

"Alhamdulilah sudah banyak anak kita yang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi di perguruan tinggi ternama seperti di UI dan ITB dan menjadi aparat TNI- Polri," ujarnya.

Pengurus Panca Marga Provinsi Jambi itu ternyata cukup piawai sebagai Komandan Pasukan di SMA negeri 6 Kota Jambi berhasil menggagas tali asih jiwa korsa di sekolah itu yakni bagi 'kakak kelas' yang telah lulus masa pendidikan agar dapat menyumbangkan secara sukarela seragam sekolah yang sudah tidak terpakai lagi. 

"Anak-anak dilarang coret-coretan di kelulusan. Dari pada dicoret kan sayang, lebih baik disumbangkan ke adik-adiknya kelas yang membutuhkan," katanya.

Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan Robinson Hutapea menambahkan prestasi ini setiap tahunnya semakin meningkat. Sekolah mengharapkan mereka sukses dengan bakat serta prestasi tetapi juga sukses masa depan. Perjuangan itu tidak akan ada arti tanpa peran penting pemerintah.

"Mereka memiliki bakat dan minat prestasi, Kita harap masa depannya juga cemerlang. Mereka rela menghabiskan masa muda dengan pengabdian di olahraga. Kita harap perhatian khusus pemerintah agar mereka tidak ragu," katanya menegaskan.

 

Penulis Ramadhani

Editor Ihsan Abdullah
views