_

Pemda Tanjab Timur Tak Serius garap Potensi Wisata

HNCK8306-730x487
warga menggunakan Pompong untuk penyeberangan di Nipah Panjang

TANJABTIMKeberadaan hutan bakau di Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, Jambi memiliki potensi besar untuk di kembangkan sebagai kawasan objek wisata hutan bakau di kawasan tersebut. Sayang nya, pembenahan kawasan hutan bakau untuk menjadi destinasi wisata ini kurang perhatian dari pemerintah kabupaten setempat.

Hutan bakau diwilayah kelurahan Nipah Panjang Satu,  kecamatan Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, Jambi ini merupakan salah satu wilayah cagar alam hutan bakau pantai timur yang memiliki potensi besar untuk dijadikan kawasan objek wisata, tentunya dengan tidak mengurangi ataupun merubah konstruksi maupun konsorvasinya.

Dikawasan ini banyak ditumbuhi bakau dengan spesifikasi Pedada atau Kapikulada, jenis bakau ini memiliki buah dengan cita rasa yang enak.

Bila dikelola dengan baik untuk pengembangan wisata, sekaligus berkaitan dengan pengembangan wisata bahari ke Pulau Berhala, hutan bakau pesisir Nipah Panjang ini merupakan tempat yang paling asik dan menjanjikan sebagai ikon wisata Tanjab Timur mengingat Nipah Panjang merupakan daerah transit menuju pulau Berhala.

Selain bisa melihat aktivitas nelayan, dikawasan hutan bakau  pengunjung juga bisa melihat aktivitas bermacam satwa-satwa yang dilindungi, dan juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan penelitian.

Dengan adanya wisata kawasan hutan bakau  tentunya dapat menambah sumber PAD  kabupaten Tanjab Timur, dan juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya.

Sayangnya, pembenahan kawasan hutan bakau yang berpotensi menjadi objek wisata tersebut belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah kabupaten setempat.

Arie  Suryanto,pegiat Lingkungan mengatakan,  kawasan hutan bakau yang posisinya berada di bibir pantai perairan Nipah Panjang ini selalu ramai di kunjungi para muda-mudi, selain berpotensi sebagai kawasan objek wisata,keberadaan hutan bakau secara tidak langsung mengembangkan kesadaran konservasi bakau.  Sementara konservasi hutan bakau mampu menghindarkan kawasan disekitarnya dari bahaya banjir.

“Buah hutan bakau juga memberikan manfaat yang luar biasa lainnya bagi masyarakat, salah satunya sebagai pewarna alami batik”, jelasnya

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views