_

Penyakit Skabies (Kulit) Hantui Peternakan Sapi

Harga Obat untuk Skabies (sejenis penyakit kulit) mahal, Pemerintah Tidak mampu sediakan stok, Para Penyuluh banyak yang swadaya dalam penyediaan obat untuk ternak sapi

HNCK8306-730x487
ilustrasi: Peternakan sapi

JAMBI - Ketersedian daging sapi mendekati bulan puasa belum terdeteksi hingga pertengahan April ini. Untuk laporan bulanan akan masuk diakhir bulan namun khusus bulan puasa dipertengahan sudah dapat termonitor.
Seperti yang disampaikan Rini Sutrianti kasi Kesehatan Hewan, dinas Peternakan dan Perkebunan kabupaten Tanjung Jabung Timur, data ketersedian daging baru diketahui akhir bulan, khusus bulan puasa dipertengahan dapat diketahui. Peredaran hewan yang akan dipotong selalu termonitoring, pemeriksaan awal dilengkapi surat dan sudah diperiksa di pos keswan sebelum pemotongan. Sedangkan untuk biaya Pemeriksaan gratis.
TPH (tempat pemotongan hewan) ada 2 TPH diantaranya TPH Lamikun di Geragai, dan Wahyudi di Rantau Rasau.

Kata Rini, "Pemeriksaan kesehatan dan pelayanan kesehatan, setiap hari ada petugas di pos keswan, yang melakukan pelayanan Vaksinasi dan pemeriksaan termasuk di TPH".
'Kebutuhan obat terbatas, jadi kebanyakan petugas swadaya". Biaya pemeriksaan tergantung, berikut jenis obatnya.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perkebunan Marolop Siamanjuntak, menjelaskan Usulan  anggaran untuk penyediaan obat tetap maksimal tapi eksekusi tidak sesuai dengan kapasitas anggaran.

Rini pun menambahkan, jenis obat, untuk penyakit Skabies/penyakit kulit, termasuk obat kategori mahal jadi seringkali tidak tersedia.
Penyakit ini  disebabkan oleh parasit, jamur dan  kondisi kandang sangat menentukan, biasanya kandang jarang  dibersihkan.
Kata Rini, Pemotongan hewan/ Sapi di Tanjung Jabung Timur yang terpantau hanya 16 ekor, disuplai dari 2 ekor perminggu di TPH Lamikun dan 2 ekor di tempat Wahyudi. Untuk pemotongan kebutuhan  di acara hajatan tidak pernah terpantau dan terperiksa.

Data Populasi ternak Sapi tahun 2015  sejumlah 16961 ekor terjadi kenaikan dari tahun sebelumnya 14506 namun di tahun 2012 sempat terjadi kenakan yang signifikan 14703 dan turun drastis di tahun 2013 hanya 12266 ekor. Sedangkan pemotongan sapi sendiri tahun 2015 sekitar 979 ekor pertahun. Dan konsumsi daging tahun 2015 sebanyak 147900 kilogram dengan jumlah penduduk sejumlah 213670 dengan luas wilayah  5445 km2 dengan kepadatan penduduk 39,24 jiwa per kilometer persegi.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views