_

Peringati HKN, Puskesmas Mergangsan Canangkan Germas

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53, Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta mengadakan Jalan Sehat dan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Gerakan Germas untuk Kota Yogyakarta sudah dideklarasikan beberapa waktu lalu oleh Wakil Walikota Yogyakarta, selanjutnya dilaksanakan sosialisasi," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dr. Vita Yulia, Jumat (10/11) disela-sela acara.

Dalam acara yang digelar di halaman Puskesmas Mergangsan, Vita menjelaskan 7 langkah Germas yaitu melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

"Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan pada perilaku yang tidak sehat," tambahnya.

Kepala Puskesmas Mergangsan dr. Abdul Latief mengakui pencanangan Germas di wilayahnya telah disosialisasikan ke tingkat kelurahan. "Sudah kami sosialisasikan tingkat kelurahan dan kader-kader kesehatan di lingkungan," katanya.

Sementara itu Camat Mergangsan Dra. Tyasning Handayani Shanti berharap pencanangan Germas dapat membuat masyarakat di wilayah Mergangsan menjadi sehat. "Dan terbiasa dengan hidup sehat. Kami selalu mensosialisasikan program Germas ini dalam setiap pertemuan warga," katanya.

Penulis IBRAHIM UMAR

Editor OEMAR NUSWANTARA
views