_

Pesawat Dari Stereoform dan Bunyi Lesung Bangkitkan Semangat Warga Kampung Pulo

Trauma Healing menjadi salah satu unsur yang dibutuhkan dalam penanganan bencana, terutama bagi warga masyarakat yang terdampak.

HNCK8306-730x487
Para Relawan dari Gora Swara Nusantara, Kahmi, Peduli Klaten mengajari anak anak cara membuat pesawat terbang dari stereoform,

Melatarbelakangi panggilan kemanusiaan, berbagai Relawan (Peduli Klaten, Kahmi, Sanggar Dwipoyono, Komunitas Gora Swara Nusantara), disaat terjadi banjir di beberapa titik di kabupaten Klaten, selain bantuan berupa sandang, pangan, para relawan ini juga melakukan trauma healing  terhadap anak-anak  dan edukasi terhadap air, alam dan banjir.

Kegiatan dilakukan dua (2) Kali, rabu 6 Desember dan Sabtu 9 Desember, untuk membangkitkan keceriaan anak-anak, dilakukan trauma healing berupa pelatihan aero modeling (pembuatan pesawat sederhana  dari bahan stereoform).

Disamping relawan yang lain pun bahu membahu, gotong royong bersama warga kampung Pulo desa Bogor Kecamatan Cawas melakukan pembersihan sumur-sumur warga dari  lumpur dan limbah.

Sanggar Dwipoyono pun tak ketinggalan menyuguhkan musik lesung, mengajak bernyanyi bersama  sama. Warga bersuka ria.

Muh Anshori, salah satu relawan mengatakan, kegiatan ini berharap agar warga kemnbali bangkit dan beraktifitas, sumur dan fasilitas umum bisa berfungsi kembali serta masyarakat lebih paham  dan mau menjaga alam.

Saat disinggung biaya pendanaan, lebih lanjut Muh Anshori menjelaskan, ini betul betul hadir dan lahir dari kita semua, jadi modal pribadi dari kantong kita.

Lanjut Anshori, pemilihan kampung Pulo karena daerah ini merupakan salah satu daerah yang  terdampak banjir cukup parah  dan memang langganan banjir.

Salah satu anak, Jauhari Hasan, saat ditanya bagaimana dengan adanya kegiatan yang dilakukan dikampungnya, diajak membikin pesawat, anak SD ini menyatakan senang, bisa membikin pesawat. Hal ini terlihat saat ada kuis para anak ini sangat aktif dan partisipatif.

Begitu juga warga masyarakat melalui ketua RW setempat mengucapkan terimakasih , sudah diberi pengalaman dan pemahaman dan berharap ada jalinan persaudaraan  dan jika ada kegiatan relawan siap untuk mengikuti.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views