_

Polres Muaro Jambi Usut Dalang Karhutla, Ini Buktinya

HNCK8306-730x487
Kapolres Muaro Jambi AKBP Mardiono terjun langsung dilokasi Karhutla /foto: istimewa

JAMBI - Satuan Rekrim Polres Muaro Jambi berhasil ungkap Kasus Pelaku Pembakaran Lahan Di desa Kasang Lopak Alai Kecamatan Kumpe Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Sengeti, 31/7/2018

Dugaan pelaku pembakaran lahan terjadi di Rt 11 Desa Kasang Lopak Alai Kecamatan Kumpe Ulu Kabupaten Muaro Jambi,dimana proses penyelidikan dan penyidikan terhadap perkara tersebut berdasarkan Laporan Polisi  nomor  Lp / A -  179/ VII / 2018/Ma. Jambi/Spkt,  (30/7), tentang Perkara  Setiap orang dilarang membuka lahan dengan cara membakar atau barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir sebagaimana dimaksud dalam  Pasal 69 ayat 1 huruf h Jo pasal 108 UU no. 32 th 2009 ttg Lingkungan Hidup dan atau Pasal 187 Jo 188 KUHP.

Peristiwa pembakaran lahan tersebut terjadi pada Minggu, 29 juli 2018 sekitar pukul 12.00 WIB.

 

Seperti yang disampaikan Kapolres Muaro Jambi AKBP Mardiono, bahwa saat ini perkara Karhutla tersebut sudah ditanggani oleh Satuan Reskrim Polres Muaro Jambi, dimana diduga pelaku sudah kita ambil keterangannya dalam Berita Acara Pemeriksaan termasuk para saksi dan Barang Bukti sudah kita Sita.

 "pembakaran lahan yang dilakukan oleh terduga pelaku berawal membersihkan lahan pada lokasi lahan dengan cara dibakar karena angin kencang, dan lahan gambut maka pelaku tidak dapat mengendalikan sehingga menyebar, meski 

sudah dilakukan upaya pemadaman namun tidak berhasil," terang Kapolres.

Pelaku pembakaran lahan berinisial TH (43) alamat kota Jambi," ungkap Kapolres Muaro Jambi.

 

Ditempat berbeda Kasat Reskrim Polres Muaro Jambi AKP Afrito.M menambahkan,  Benar saat ini Satuan Reskrim Polres Muaro Jambi sedang menanggani kasus Pembakaran lahan  (Karhutla), kita melakukan penegakan hukum terhadap salah satu Pelaku pembakaran lahan berinisial TH.

" Barang bukti yang telah kita amankan diantaranya 1 (satu) buah pelepah sawit bekas terbakar,  1(satu) penggaruk besi tangkai kayu bekas terbakar dan  Abu bekas kebakaran, berikut dengan para saksi sudah kita periksa," tegas Kasat Reskrim Polres Muaro Jambi.

Jajaran Kepolisian sangat serius dalam menjaga Karhutla, khususnya dalam rangka menghadapi pesta Asean Games di Palembang serta tidak mau kecolongan seperti tahun tahun sebelumnya dengan terjadinya bencana kabut asap yang merugikan semua pihak.

Penulis IHSAN ABDULAH NUSANTARA

Editor ABDULAH IHSAN
views