_

Porprov Kembali Dua Tahun, DPRD: Menunggu Persetujuan Pemerintah

HNCK8306-730x487

JAMBI - Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Provinsi Jambi akan merealisasikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang dilakukan tiga tahun, kembali menjadi dua tahun sekali.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston mengatakan, perubahan Porprov jadwal menjadi dua tahun sekali itu, tidak menjadi masalah. Tentunya Dinas Pemuda dan Olahraga dan KONI Provinsi Jambi perlu membuat program kerja yang baru tentang pelaksanaan tiga tahun menjadi dua tahun sekali, karena ini menyangkut masalah biaya pelaksanaan, dan DPRD menunggu persetujuan dari pemerintah. 

"Kalau pemerintah setuju, kita tidak masalah," kata Cornelis.

Terpisah, Ketua KONI Provinsi Jambi Indra Armendaris menjelaskan, tahun-tahun sebelumnya Porprov memang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, pada tahun 2012 jadwal berubah menjadi tiga tahun sekali dan diselenggarakan di tahun 2015. Jadwal itu berubah, karena sempat dicampur aduk oleh musim politik. 

Menurut Indra, dengan digelarnya Porprov dua tahun tidak hanya semata-mata untuk mengejar prestasi, namun juga momen meningkatkan kualitas atlet putra dan putri. Oleh sebab itu, Ia berharap atlet-atlet muda daerah setempat dapat memanfaatkan ajang ini untuk menunjukkan prestasi sehingga bisa bertanding dalam turnamen yang lebih besar lagi. 

Indra percaya dengan semakin banyaknya jumlah kompetisi lokal, maka potensi atlet muda akan semakin terlihat. Hal ini merupakan bagian dari Koni untuk membina atlet muda. Langkah ini harus dilakukan untuk memastikan pembinaan dan kompetisi olahraga terus berjalan.

"Kita meyakini potensi atlet di Jambi sangat besar dan tersebar di berbagai pelosok. Karenanya kompetisi Porprov bisa digunakan sebagai ajang pencarian bakat atlet muda," kata Indra, Jumat 28 September 2018.

Saat ini, sambung Indra, rencana perubahan jadwal kegiatan tersebut dibicarakan kepada Dinas terkait setelah pelaksanaan Porprov 2018 hingga di tahun 2019, bahwa Porprov kembali digelar di tahun 2020. KONI meyakini Porprov selanjutnya tetap diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

"Kita juga akan menyurati seluruh KONI kabupaten kota yang minat untuk menjadi tuan rumah Porprov 2020. Misal tidak ada yang minat, bisa saja KONI Provinsi yang akan mengambil alih dan kembali diselenggarakan di Kota Jambi," kata Pengacara Kondang itu.

Penulis Ramadhani

Penulis Tim redaksi

Editor Ihsan Abdullah
views